Dianjurkan Dikonsumsi Setelah Makan, Bolehkah Kita Konsumsi Paracetamol Sebelum Makan? Ini Jawabannya

By Thea Arnaiz, Selasa, 5 Oktober 2021 | 17:30 WIB
Bolehkah minum paracetamol sebelum makan? (Foto oleh SHVETS production dari Pexels)

Bobo.id - Ketika sakit kita pasti dianjurkan minum beberapa obat oleh dokter, terkadang ada obat yang diminum setelah makan atau sebelum makan.

Dengan obat, sakit yang sedang kita alami akan lebih ringan dan berangsur-angsur akan menyembuhkan.

Salah satu obat yang biasanya kita terima dari dokter adalah paracetamol. Paracetamol adalah jenis obat yang bisa mengurangi rasa nyeri atau demam tidak tertahankan.

Obat ini bisa menghambat prostaglandin di dalam tubuh kita, prostaglandin adalah hormon yang bisa aktif ketika kita sedang sakit.

Baca Juga: Semut Tak Akan Balik Lagi, Ini Cara Membuat Obat Semprot Alami Pengusir Semut

Namun, apakah paracetamol aman diminum sebelum makan? Karena, biasanya kita akan menerima obat paracetamol dan akan meminumnya setelah makan.

Namun, rasa sakit datangnya tiba-tiba dan tidak bisa ditebak. Sehingga, sebagian orang akan meminum paracetamol sebelum makan.

Jadi, apakah paracetamol diminum sebelum atau sesudah makan? Melansir Melansir British Heart Foundation, ternyata paracetamol boleh diminum sebelum makan.

Obat paracetamol tidak mudah mengiritasi lambung. Meskipun begitu, teman-teman yang khawatir akan efek samping gangguan pencernaan paracetamol, sebaiknya makan terlebih dahulu.

Kalau teman-teman ingin mengonsumsi obat penghilang rasa sakit lain seperti ibuprofen atau aspirin, pastikan teman-teman meminumnya setelah makan