Tak Perlu Beli Lagi, Ini Sayur dan Buah yang Bisa Ditanam Sendiri di Rumah dengan Mudah! Bisa Lebih Hemat

By Thea Arnaiz, Selasa, 12 Oktober 2021 | 18:15 WIB
Sayur dan buah yang mudah ditanam di rumah. (Foto oleh Markus Spiske dari Pexels)

 

Bobo.id - Buah dan sayur kita butuhkan sebagai bahan makanan yang kaya akan kandungan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.

Kandungan itu bisa memenuhi nutrisi harian.

Nah, daripada teman-teman terus menerus membeli buah dan sayur di pasar atau supermarket, cobalah menanamnya sendiri di rumah. 

Selain lebih seru, kita juga jadi lebih hemat.

Ada beberapa jenis tanaman buah dan sayur yang mudah ditanam di rumah, jadi teman-teman tinggal memetiknya sendiri.

Tentu buah dan sayur jauh lebih segar karena dipetik langsung di rumah. Lalu, apa saja ya sayur dan buah yang bisa kita tanam sendiri di rumah? Yuk, cari tahu berikut ini.

Baca Juga: Bikin Rumah Makin Cantik, Ini 5 Jenis Tanaman Terarium yang Cocok untuk Dekorasi Rumah Satunya Polkadots Plant

1. Tomat

Tomat adalah buah yang banyak disukai dan dikonsumsi. Buah tomat juga bisa dijadikan berbagai macam masakan seperti sup, salad, dan dijadikan saus tomat, lo.

Membudidayakan tomat juga tidak terlalu sulit, teman-teman hanya perlu menyiapkan biji tomat yang bisa dibeli di toko pertanian terdekat.

Jika lahan di rumah teman-teman terbatas, kita juga bisa memilih tomat ceri yang bisa tumbuh dengan baik di dalam pot kecil, kok.

Agar pertumbuhan tanaman tomat baik, pilihlah tempat menanam yang terkena sinar matahari yang cukup.

Selain itu, kita harus menyiraminya secara rutin sebanyak dua kali seminggu. Hindari juga serangan hama dan penyakit agar tomat bisa dipanen dan tidak mati atau layu.