Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 5, Apa yang Kamu Ketahui tentang SEA Games?

By Thea Arnaiz, Senin, 18 Oktober 2021 | 10:45 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD tema 5, dari bacaan teks 'Mendulang Prestasi, Mengembangkan Potensi Ekonomi'. (Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels)

Bobo.id - Saat ini pelajaran tematik kelas 6 SD tema 5 subtema 1 halaman 49. Setelah sebelumnya teman-teman membaca kisah Beni yang berkunjung ke pameran negara-negara ASEAN.

Sekarang teman-teman akan mengetahui bentuk kerja sama yang lain antar negara-negara ASEAN.

Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan SEA Games. SEA Games adalah pesta olahraga yang diselenggarakan oleh negara-negara di Asia Tenggara yang diadakan setiap dua tahun sekali.

Untuk mengetahui lebih lanjut, teman-teman bisa membaca teks berikut di dalam hati dan cobalah menjawab pertanyaannya, jika kesulitan teman-teman juga bisa menemukan kunci jawabannya.

Baca Juga: Menemukan Kalimat Saran pada Teks Bacaan 'Sekolah yang Indah dan Rapi', Materi Kelas 3 SD Tema 4

Mendulang Prestasi, Mengembangkan Potensi Ekonomi

Indonesia kembali dipercaya untuk menyelenggarakan kegiatan akbar SEA Games ke-26. Ini merupakan keempat kalinya Indonesia menjadi tuan rumah festival olahraga terbesar se ASEAN ini setelah sebelumnya di SEA Games 1979, SEA Games 1987, dan SEA Games 1997.

SEA Games ke-26 ini dilaksanakan pada 11-26 November 2011. Upacara pembukaan diselenggarakan secara spektakuler di sepanjang Sungai Musi, sedangkan penutupan di gedung bersejarah, Benteng Kuto Besak (Fort).

Bumi Sriwijaya (Palembang) ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan SEA Games di samping Jakarta yang menjadi tuan rumah pendukung. Dengan demikian, setelah Chiang Mai dan Nakhon Ratchasima di Thailand, salah satu provinsi terbesar di Pulau Sumatera ini akan tercatat sebagai salah satu dari tiga kota yang pernah menyelenggarakan SEA Games di luar ibu kota negara. Dua tahun sebelumnya, Laos yang baru bergabung dengan ASEAN dipercaya menjadi tuan rumah untuk SEA Games ke-25.