Pencinta Kucing Wajib Tahu! Ini Cara Mengobati Scabies pada Kucing

By Iveta Rahmalia, Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:00 WIB
Penting bagi kita untuk tahu penyebab dan cara mengobati scabies pada kucing. (Iveta/Bobo.id)

Bobo.id - Kucing yang terkena scabies akan sering menggaruk kepala atau leher bagian belakang. Apakah kucing kesayanganmu sering melakukan ini? 

Selain itu, coba perhatikan bulu-bulunya yang berada di sekitar kepala dan leher. Kucing yang terkena scabies akan mengalami kebotakan di sekitar bagian itu. 

Kemudian muncul juga kerak kulit yang menumpuk dan sulit dihilangkan. 

Scabies sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh tungau parasit. Jenis penyakit ini dapat menginfeksi kucing lainnya jika berbagi tempat tidur atau bersentuhan dalam lama.

Baca Juga: Lucu dan Bikin Gemas, Kucing Ini Suka Mengelus Semua Pasien di Rumah Sakit Hewan

Bagaimana dengan manusia? Bersumber dari Halodoc, manusia bisa saja terkena tungau dari kucing, tapi tungau ini tidak dapat berkembang biak pada kulit manusia.

Bagaimana cara mengobati kucing yang terkena scabies? Yuk, cari tahu! 

Cara Mengobati Scabies

Mengobati scabies dapat dilakukan dengan dua cara yaitu mengobati dari dalam dan dari luar. Berikut ini adalah cara mengobati scabies.

1. Mengobati dari Dalam oleh Dokter/Ahli

Mengobati kucing yang terkena scabies adalah dengan melakukan suntik scabiesCara ini sudah terbukti ampuh. Namun, penyuntikan ini harus dilakukan oleh dokter/ahli atau atas konsultasi dokter, ya. 

Dengan suntik scabies, tungau parasit penyebab scabies bisa langsung hilang dalam waktu 4 hari. Salah satu obat scabies yang sudah terbukti adalah wormectin.