Jadi Alat yang Penting untuk Operasikan Komputer, Ini Awal Mula Rancangan Mouse dan Perubahannya dari Waktu ke Waktu

By Thea Arnaiz, Senin, 25 Oktober 2021 | 13:30 WIB
Mouse jadi alat penting mengoperasikan komputer, ketahui rancangan awal dan perkembanganya dari waktu ke waktu. (Foto oleh Vojtech Okenka dari Pexels)

 

 

Bobo.id - Mouse adalah salah satu alat penting untuk mengoperasikan komputer. 

Mouse berfungsi untuk menyentuh atau menunjuk tampilan pada layar komputer. Dengan mouse,  kita bisa membuka gambar, file, atau dokumen apapun yang ada di komputer.

Lalu, tahukah teman-teman siapa pembuat mouse pertama kali? Mouse dibuat pada 1967 lalu oleh teknisi komputer bernama Douglas Engelbart.

Douglas membuat alat yang bisa menunjukkan dan diarahkan ke atas dan ke bawah atau ke kiri dan ke kanan pada layar komputer.

Baca Juga: Tombol Keyboard Tidak Berfungsi Karena Kotor? Pakai 3 Cara Ini untuk Bersihkannya, Termasuk Pakai Slime

Selanjutnya, Douglas mengajukan hak paten pada alat tersebut pada 1970. 

Namun, mouse yang dibuat oleh Douglas tidak seperti mouse sekarang ini. Mouse pertama dibuat kotak dengan wadah yang terbuat dari kayu dan di dalamnya ada dua roda besi yang bisa digeser-geser.

Nantinya, gerakan tersebut akan diterima oleh komputer dan ditampilkan pada layar komputer dalam bentuk tanda panah (kursor).

Pada pengajuan hak paten, Douglas tidak pernah mengajukan kalau nama alat itu adalah ‘mouse’. Lalu kenapa dinakaman mouse? Yuk, cari tahu lebih lanjut.