Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 5, Apa Fungsi Kemasan pada Produk?

By Thea Arnaiz, Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:30 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD tema 5, apa itu fungsi kemasan pada produk dan kenapa produk perlu dibungkus menarik. (Foto oleh cottonbro dari Pexels)

Bobo.id - Pelajaran tematik kelas 6 SD tema 5, subtema 2, halaman 99, setelah teman-teman mengetahui tentang bangun ruang prisma segitiga, sekarang kita akan mempelajari fungsi kemasan pada produk.

Pernahkah teman-teman menemukan kemasan produk yang berbentuk prisma segitiga? Atau pernahkah menemukan pembungkus produk yang mempunyai bentuk menarik lainnya?

Kira-kira apa ya tujuan wirausaha membungkus produknya dengan menarik? Kenapa produk perlu dibungkus menarik?

Yuk, cari tahu melalui bacaan berikut ini dan menjawab beberapa pertanyaan, temukan juga kunci jawabannya!

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 5, Usaha Apa Saja yang Ada di Sekitar?

Kemasan Produk

Selama berabad-abad, fungsi sebuah kemasan hanya sebatas untuk melindungi barang atau mempermudah barang untuk dibawa. Seiring dengan perkembangan zaman, barulah terjadi penambahan nilai-nilai fungsional. Peranan kemasan dalam pemasaran mulai diakui sebagai satu kekuatan utama dalam persaingan pasar.

Menjelang abad pertengahan, bahan-bahan kemasan terbuat dari kulit, kain, kayu, batu, keramik, dan kaca. Pada zaman itu, kemasan masih terkesan seadanya dan lebih berfungsi untuk melindungi barang terhadap pengaruh cuaca atau proses alam lainnya. Selain itu, kemasan juga berfungsi sebagai wadah agar barang mudah dibawa selama perjalanan. Baru pada tahun 1980-an, persaingan dalam dunia usaha semakin tajam. Kalangan produsen saling berlomba untuk merebut perhatian calon konsumen. Bentuk dan model kemasan dirasakan sangat penting peranannya dalam strategi pemasaran. Di sini, kemasan harus mampu menarik perhatian, menggambarkan keistimewaan produk, dan “membujuk” konsumen. Pada saat inilah kemasan mengambil alih tugas penjualan.