Pencinta Kucing Wajib Tahu! Ternyata Ini Penyebab Bulu Leher Kucing Botak, Salah Satunya Karena Kalung Kucing

By Thea Arnaiz, Jumat, 29 Oktober 2021 | 16:15 WIB
Penyebab leher kucing peliharaan botak. (Foto oleh Anna Taylor dari Pexels)

Bobo.id - Apakah kucing peliharaan teman-teman bagian lehernya terlihat mempunyai bulu yang tipis?

Bahkan hampir terlihat botak? Kalau iya, sebagai pemilik, teman-teman perlu khawatir akan kondisi kucing yang seperti itu.

Hal ini karena bisa berkaitan dengan kondisi kesehatan kucing peliharaan. Namun, teman-teman juga harus tetap tenang karena kondisi ini bisa disembuhkan jika kucing dirawat dengan baik.

Lalu, kira-kira pa penyebab leher kucing sampai botak, ya? Untuk mengetahui jawabannya kita bisa menyimak penjelasannya berikut ini.

Mengapa Bagian Leher Kucing Bisa Menipis atau Botak

1. Kalung Kucing

Menurut Maureen Kanana Murithi, DVM, juru bicara dokter hewan Hepper, kenapa bulu di bagian leher kucing peliharaan itu menipis atau botak bisa juga disebabkan oleh kalung leher kucing yang terlalu ketat atau sempit.

Kalung kucing yang kita pasang pada kucing peliharaan yang apabila dipasang terlalu ketat, bisa menimbulkan gesekan berulang dengan kulitnya.

Lama-kelamaan gesekan tersebut bisa menyebabkan bulu kucing rontok dan membuat bagian leher kucing jadi tipis atau botak.

Jika tidak segera ditangani, folikel bulu rambut kucing akan bermasalah dan bulu kucing di area itu akan sulit tumbuh kembali.

Baca Juga: Jangan sampai Dibiarkan, Ini Cara Mengatasi Ringworm pada Kucing

2. Alergi atau Peradangan

Alasan lain kenapa bulu bagian leher kucing peliharaan bisa menipis sampai botak adalah karena disebabkan alergi dan peradangan.

Lalu, bagaimana kita tahu kondisi itu disebabkan oleh alergi dan peradangan? Kita bisa kok mengetahuinya dari iritasi yang terlihat jelas di area leher kucing.

Awalnya akan muncul di bagian leher atas dan akan terus menyebar sampai bagian leher bawah, jika kita tidak segera membawanya ke dokter hewan.

Oleh karena itu, teman-teman perlu segera membawa kucing peliharaan ke dokter hewan sejak iritasi itu terlihat.