Cara Menanam Strawberry, Mulai dari Persiapan Benih sampai Panen

By Thea Arnaiz, Selasa, 9 November 2021 | 13:00 WIB
Cara menanam strawberry sendiri di rumah. (Foto oleh Kunno Jayson dari Pexels)

Bobo.id - Cara menanam strawberry bisa kita lakukan dengan mudah di rumah saja, lo.

Strawberry adalah buah kesukaan semua orang karena warna merahnya yang cantik dan rasanya yang asam campur manis.

Strawberry juga bisa kita jadikan selai, jus, atau sebagai campuran salad buah. Selain bisa membelinya di pasar buah atau supermarket.

Kita juga bisa mencoba menanam strawberry di rumah dengan polybag, kok. Lalu, bagaimana langkah-langkah menanam strawberry? Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini agar bisa menanam sendiri di rumah.

Baca Juga: Yuk, Buat Sendiri Strawberry Banana Smoothie yang Segar dan Lezat!

1. Memilih Benih

Kita bisa mendapatkan benih strawberry, kita bisa membelinya di toko pertanian terdekat. Pilihlah benih jenis strawberry sesuai yang ingin kita tanam.

Pastikan kita sudah memilih benih yang terbaik, agar bisa disemai di polybag. Lalu, taruhlah benih yang sudah dibeli ke dalam wadah dan isilah dengan air.

Setelah itu, bekukan di kulkas selama 12 jam, hal ini bertujuan untuk mempermudah benih untuk berkecambah.

Jika sudah, keluarkan dan letakkan di atas tisu handuk yang basah. Terus sirami tisu handuk agar lembab dan letakkanlah di tempat yang gelap sampai tumbuh cambah.

2. Menyemai Benih

Langkah selanjutnya adalah menyemai benih strawberry yang sudah berkecambah. Untuk itu, kita perlu menyiapkan wadah polybag yang sudah diisi dengan media tanam.

Lalu, apa saja media tanam untuk menyemai benih strawberry? Gunakanlah media tanam pasir dan pupuk organik untuk menyemai benih strawberry, dengan perbandingan 3:2.

Setelah itu semprot media tanam tersebut dengan air atau pupuk organik cair. Setelah itu buatlah lubang yang berjarak untuk menanam cambah strawberry.

Tanam akar dan setengah batang cambahnya. Ketika melakukan langkah ini sebaiknya teman-teman berhati-hati agar akar dari benih strawberry tidak rusak.