Menandai Wilayahnya dengan Bakteri, Ini 5 Fakta Unik Meerkat yang Belum Banyak Orang Tahu

By Thea Arnaiz, Jumat, 12 November 2021 | 19:30 WIB
Ketahui fakta unik dari hewan meerkat yang hidup di Afrika Selatan. (pexels)

Bobo.id - Tahukah teman-teman apa itu hewan meerkat? Bagi teman-teman yang menonton film The Lion King pasti tahu ada tokoh yang bernama Timon.

Timon ini diceritakan sebagi hewan meerkat yang jadi sahabat Simba dan Pumbaa.

Hewan meerkat atau nama ilmiahnya Suricata suricatta, hanya bisa kita temui di Botswana, Afrika Selatan dan hidup di Gurun Kalahari.

Meerkat sendiri bukanlah hewan yang terlalu besar. Tinggi meerkat sekitar 20 sampai 30 centimeter, ekornya bisa sepanjang 17 sampai 22 centimeter.

Baca Juga: Biasa Ditemui dalam Dongeng, Ini 5 Fakta Unik dari Keong Emas #MendongenguntukCerdas

Sedangkan, bobot meerkat bisa mencapai 10 kilogram. Meerkat jika kita perhatikan terlihat lucu dengan bulu di seluruh tubuhnya, bentuk wajah yang kecil, dan mata besar yang dikelilingi corak gelap.

Agar kita bisa mengenal meerkat, kita bisa menyimak fakta-fakta unik dari meerkat berikut ini, yuk!

1. Meerkat Bukanlah Hewan Penyendiri

Beberapa hewan memang ada yang memilih hidup sendiri atau berkelompok. Kelompok meerkat sendiri bisa cukup banyak gerombolannya.

Dalam satu kelompok meerkat, bisa berisi 50 individu dan dibagi lagi menjadi kelompok-kelopok kecil terdiri daro 10 sampai 15 meerkat.

Gerombolan meerkat bisa juga terdiri dari beberapa keluarga meerkat lainnya. Bisa juga keluarga meerkat terdiri dari meerkat yang berasal dari kelompok lainnya.

Sedangkan meerkat betina biasanya akan lebih mendominasi suatu kelompok meerkat.