Mengulik Fakta Menarik dari Kisah Dongeng yang Mendunia, Mulai dari Cinderella hingga Si Kerudung Merah #MendongenguntukCerdas

By Thea Arnaiz, Sabtu, 13 November 2021 | 15:30 WIB
Cari tahu fakta menarik tentang kisah dongeng yang mendunia. (ID 27707/pixabay)

 

 

Bobo.id - Apakah teman-teman suka membaca kisah dongeng? Ada banyak hal yang bisa kita dapatkan dari membaca kisah dongeng, lo. 

Seperti, mendapatkan nilai moral kehidupan, mengenal berbagai macam kebudayaan, meningkatkan daya imajinasi, hingga meningkatkan kemampuan untuk mengingat sesuatu.

Jadi, mulai sekarang teman-teman bisa mencoba membaca kisah dongeng yang disukai. Ada berbagai kisah dongeng yang ada di dunia.

Beberapa di antaranya bahkan begitu terkenal sampai diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dan juga punya banyak versinya.

Namun, tahukah teman-teman kalau beberapa kisah dongeng yang terkenal ternyata menyembunyikan fakta menarik yang jarang diketahui oleh orang. Oleh sebabnya, kita cari tahu fakta menarik tersebut, yuk!

Baca Juga: Biasa Ditemui dalam Dongeng, Ini 5 Fakta Unik dari Keong Emas #MendongenguntukCerdas

1. Cinderella

Tahukah teman-teman? Ternyata kisah dongeng Cinderella pertama kali ditulis di Tiongkok sekitar 850 Masehi.

Padahal, selama ini kita mengetahui kisah dongeng Cinderella berasal dari Eropa. Bahkan versi pertama dari Eropa, baru ditulis di Italia pada 1634.

Hal ini karena kisah dongeng Cinderella ini mempunyai lebih dari 700 versi cerita di berbagai dunia.

Bahkan, di versi Tiongkok, sepatu Cinderella sebenarnya terbuat dari emas dan bukanlah terbuat dari kaca.

Dongeng Cinderella ini pun semakin terkenal ketika pertama kali dibawakan secara pantomime (pertunjukan teater dalam bentuk isyarat, gerak tubuh, dan ekspresi wajah) di Inggris.

Karena kepopulerannya, dibuatlah film animasi pertama Cinderella oleh Walt Disney pada 1950.