Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 6, Menentukan Kalimat Utama dan Gagasan Utama dalam Teks Bacaan ‘Hak Sebagai Warga Negara Indonesia’

By Thea Arnaiz, Selasa, 16 November 2021 | 10:30 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD tema 6, menentukan kalimat utama dan gagasan utama dalam teks 'Hak Sebagai Warga Negara Indonesia'. (Foto oleh Archie Binamira dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD tema 6, subtema 2, tepatnya halaman 50. Teman-teman sebelumnya sudah memahami apa itu kata kunci.

Kata kunci adalah kata yang memuat ide dalam suatu bacaan dan biasanya digunakan berulang kali untuk menandakan kalau ide atau gagasan tersebut penting.

Lalu, apakah teman-teman sudah mengetahui apa itu kalimat utama dan gagasan utama?

Kalimat utama adalah kalimat yang berisi gagasan utama, biasanya terletak di awal atau di akhir suatu paragraf.

Sedangkan, gagasan utama adalah permasalahan yang ingin disampaikan dalam bacaan.

Untuk lebih mudah memahaminya, teman-teman bisa membaca teks bacaan berikut dan kerjakan soal-soalnya serta temukan kunci jawabannya berikut ini.

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Wirausaha, Siswa SD Ananda Melakukan Wirausaha dengan Membuat Pupuk Kompos dari Sampah

Hak sebagai Warga Negara Indonesia

Hak adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang atau sesuatu yang seharusnya diterima seseorang. Hak warga negara Indonesia ditentukan dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Berdasarkan ketentuan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 hak warga negara Indonesia banyak bentuknya. Berikut beberapa bentuk hak warga negara Indonesia.

Setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan perlindungan hukum. Hak ini dapat diperoleh warga negara Indonesia salah satunya dalam bentuk perlindungan hukum saat menjadi saksi dalam perkara hukum. Perlindungan hukum juga bisa diberikan atas hak kekayaan intelektual seseorang seperti hak cipta. sebagai contoh, hak cipta dalam penerbitan buku. Biasanya yang diberikan hak cipta atas isi buku adalah penulis atau penerbit.