Tak Perlu Susah-Susah Lagi, 3 Tanaman Hias Ini Bisa Mengurangi Jamur dan Lumut di Rumah

By Thea Arnaiz, Selasa, 16 November 2021 | 19:30 WIB
Jenis-jenis tanaman yang bisa digunakan untuk mengurangi kelembapan udara dan mencegah jamur serta lumut. (Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels)

 

Bobo.id - Rumah yang berjamur tentunya bisa mengurangi keindahan dan juga menyebabkan masalah kesehatan bagi penghuninya.

Jamur sering muncul di bagian-bagian lembap di rumah, seperti dapur atau kamar mandi.

Hal ini diperparah saat musim hujan tiba. Jamur menjadi semakin banyak dan biasanya juga disertai tumbuhnya lumut di sudut-sudut yang lembap.

Tentu hal ini perlu segera diselesaikan. Namun, tahukah teman-teman? Ternyata kita bisa menguranginya melalui tanaman, lo.

Selain memberikan udara yang segar, tanaman ternyata juga bisa mencegah tumbuhnya jamur dan lumut.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Mawar dengan Mudah, Tanaman Hias Cantik di Rumah

Karena, tanaman bisa menurunkan kelembapan dan membuat udara lebih hangat untuk mencegah tumbuhnya jamur.

Namun, tidak semua tanaman bisa mencegah jamur dan lumut. Untuk itu, pilihlah tanaman hias tertentu untuk mencegah jamur dan lumut.

Berikut ada tiga jenis tanaman hias yang bisa teman-teman letakkan di dalam rumah. Yuk, simak!

1. English Ivy

Tanaman hias english ivy juga bisa kita manfaatkan untuk mengatasi jamur di ruangan, lo.

Selain menghilangkan jamur, english ivy juga bisa menghilangkan racun di udara seperti zat benzena dan formaldehida, kedua zat ini biasanya ada pada cairan pembersih dan cat tembok.

Jika teman-teman berniat menggunakan tanaman hias ini, pastikan english ivy kita tempatkan di tempat dengan cahaya teduh.

Selain itu, media tanamnya pun harus selalu dalam kondisi lembap. Karena daun english ivy beracun, kita pastikan tidak terjangkau oleh hewan peliharaan di rumah.