Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 6, Menentukan Kalimat Utama dan Gagasan Utama dalam Teks ‘Manfaat Pemenuhan Hak sebagai Warga Negara Indonesia’

By Thea Arnaiz, Rabu, 17 November 2021 | 10:00 WIB
Menentukan kalimat utama dan gagasan utama dalam teks ‘Manfaat Pemenuhan Hak sebagai Warga Negara Indonesia’. (Foto oleh olia danilevich dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD tema 6, subtema 2, tepatnya halaman 60, teman-teman akan melanjutkan materi kalimat utama dan gagasan utama dalam bacaan nonfiksi berjudul ‘Manfaat Pemenuhan Hak sebagai Warga Negara Indonesia’.

Kalimat utama adalah kalimat yang berisi gagasan utama, biasanya terletak di awal atau di akhir suatu paragraf.

Sedangkan, gagasan utama adalah permasalahan yang ingin disampaikan dalam bacaan.

Untuk melatih lagi pengertian tersebut, teman-teman bisa membaca teks berikut dan temukan kunci jawabannya.

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 6, Menentukan Kalimat Utama dan Gagasan Utama dalam Teks Bacaan ‘Hak Sebagai Warga Negara Indonesia’

Manfaat Pemenuhan Hak sebagai Warga Negara Indonesia

Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban hendaknya dilakukan secara seimbang. Artinya dalam melaksanakan hak tidak lupa juga melaksanakan kewajiban sebagai warga negara. Bahkan kewajiban hendaknya dilakukan terlebih dahulu daripada hak. Banyak manfaat yang dapat dirasakan warga negara Indonesia atas terpenuhinya hak yang dimiliki.

Salah satu contoh manfaat yang diperoleh dari pemenuhan hak atas pendidikan dan pengajaran yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan salah satu tujuan nasional bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea empat.