Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 6, Informasi Penting dari Teks Bacaan ‘Mengapa Harus Melaksanakan Hak’

By Thea Arnaiz, Rabu, 17 November 2021 | 20:15 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD tema 6, informasi penting dari teks bacaan ‘Mengapa Harus Melaksanakan Hak’. (Foto oleh Element5 Digital dari Pexels)

 

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD tema 6, subtema 2, tepatnya halaman 79, teman-teman akan melanjutkan untuk memahami kalimat utama dan gagasan utama dalam bacaan nonfiksi berjudul ‘Mengapa Harus Melaksanakan Hak’.

Kalimat utama adalah kalimat yang berisi gagasan utama, biasanya terletak di awal atau di akhir suatu paragraf.

Sedangkan, gagasan utama adalah permasalahan yang ingin disampaikan dalam bacaan.

Jika teman-teman sudah bisa mengidentifikasi kalimat utama dan gagasan utama, nantinya kita akan menemukan informasi penting dari teks tersebut.

Untuk melatih lagi pengertian tersebut dan agar bisa menemukan informasi penting, teman-teman bisa membaca teks berikut dan temukan kunci jawabannya.

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 6, Menentukan Gagasan Utama dalam Teks Bacaan ‘Ragam Tarian di Indonesia’

Mengapa Harus Melaksanakan Hak?

Pemenuhan hak warga negara Indonesia berkaitan erat dengan upaya pemerintah Indonesia dalam mencapai tujuan nasional Indonesia. Kamu tentu sudah memahami tujuan nasional Indonesia sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Repubublik Indonesia Tahun 1945 alinea keempat.

Untuk mencapai tujuan nasional, ditetapkan hak-hak dan kewajiban warga negara Indonesia dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Hak dan kewajiban warga negara Indonesia hendaknya dilakukan secara seimbang. Tidak boleh hanya melaksanakan kewajiban atau sebaliknya. Biasakan mendahulukan kewajiban daripada menuntut hak. Dengan demikian, akan tercapai kesejahteraan dan keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara.