Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 6, Informasi Penting dari Teks Bacaan ‘Dampak Pelaksanaan Tanggung Jawab’

By Thea Arnaiz, Jumat, 19 November 2021 | 07:00 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 tema 6, menemukan informasi dari teks bacaan ‘Dampak Pelaksanaan Tanggung Jawab’ . (Foto oleh Artem Podrez dari Pexels)

 

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD tema 6, subtema 3, tepatnya halaman 101, teman-teman akan menemukan informasi penting dalam teks bacaan berjudul ‘Dampak Pelaksanaan Tanggung Jawab’.

Lalu, bagaimana caranya menemukan informasi penting dalam bacaan? Pertama, kita harus membaca judulnya untuk mengetahui kira-kira apa yang akan kita dapatkan dari membaca teks tersebut.

Selanjutnya bacalah dengan sekilas dan temukan kata yang sering diulang-ulang dalam tiap paragraf.

Teman-teman juga bisa menemukan gagasan  utamanya terlebih dahulu dan menandai kata kuncinya.

Untuk memahminya, teman-teman bisa membaca teks bacaan berikut ini dan temukan kunci jawabannya.

Baca Juga: Cara Memilih Bahan Makanan Sehat dan Bergizi, Materi Kelas 3 SD Tema 4

Dampak Pelaksanaan Tanggung Jawab

Pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara memiliki berbagai dampak, baik positif maupun negatif. Jika semua warga negara memiliki kesadaran untuk melaksanakan tanggung jawabnya sebagai warga negara maka akan tercipta kesejahteraan masyarakat. Sebaliknya, jika warga negara tidak memiliki kesadaran melaksanakan tanggung jawabnya sebagai warga negara maka tujuan negara yaitu masyarakat sejahtera tidak akan pernah terwujud.

Salah satu contoh pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara adalah melaksanakan kewajiban membayar pajak tepat waktu. Pajak yang dibayarkan oleh warga negara sebenarnya digunakan untuk pembangunan bangsa. Misalnya, untuk pembangunan jalan, jembatan, fasilitas umum seperti sekolah dan rumah sakit. Jika pembayaran pajak dilakukan tepat waktu maka pembangunan akan berlangsung dengan baik. Hal tersebut akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jadi melaksanakan tanggung jawab membayar pajak tepat waktu akan memberikan dampak positif bagi terciptanya kesejahteraan masyarakat.

Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa juga merupakan bentuk tanggung jawab warga negara yang berdampak pada semakin kuatnya suatu negara. Dalam kehidupan sehari-hari, menjaga persatuan dan kesatuan dapat dilaksanakan dengan saling membina kerukunan diantara warga masyarakat, antarpemeluk agama, suku, ras, dan budaya. Mengembangkan sikap kekeluargaan dan gotong royong dalam kehidupan masyarakat akan mewujudkan persatuan dan kesatuan. Jika persatuan dan kesatuan terwujud dengan baik akan tercipta kehidupan masyarakat yang aman, damai, dan tenteram negara akan semakin kuat.