Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Wirausaha, Apa Faktor yang Mendukung Majunya Usaha Milik Paman Leo?

By Thea Arnaiz, Kamis, 18 November 2021 | 14:00 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI tema wirausaha, apa faktor yang mendukung majunya usaha milik Paman Leo. (Foto oleh Ivan Samkov dari Pexels)

Bobo.id - kali ini kita masuk ke pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema wirausaha, subtema 3, pembelajaran 4, tepatnya halaman 89.

Teman-teman akan mempelajari materi tentang mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung keberhasilan wirausaha.

Ada banyak faktor yang menentukan keberhasilan wirausaha. Untuk mengetahuinya, teman-teman bisa membaca teks percakapan berikut ini.

Setelah itu, jawablah pertanyaa-pertanyaan yang berkaitan dengan teks percakapan dan temukan kunci jawabannya.

Baca Juga: Menemukan Kalimat Penyelesaian Masalah pada Teks 'Apakah Kamu Memiliki Hewan Peliharaan?', Materi Kelas 3 SD Tema 4

Sekarang, ayo bacalah teks eksplanasi berikut dengan saksama!

Hari ini, ayah mengajak Lani dan Meilin mengunjungi rumah Paman Leo. Paman Leo adalah seorang pelaku wirausaha yang sukses. Ia memulai usaha pembuatan kerajinan dari kulit kerang sejak beberapa tahun yang lalu. Saat ini, usaha Paman Leo sudah berkembang pesat.

Lani: Usaha yang Paman lakukan sangat maju. Apakah Paman juga menghadapi hambatan dalam menjalankan usaha ini?

Paman Leo: Tentu, Lani. Berbagai hambatan sudah Paman lalui. Berkat kerja keras dan semangat pantang menyerah, Paman dapat melaluinya dan tetap menjalankan usaha hingga saat ini.

Meilin: Selain kerja keras dan semangat pantang menyerah, apakah ada faktor lain yang mendorong perkembangan usaha paman?

Paman Leo: Maju atau tidaknya sebuah usaha tentu dipengaruhi oleh berbagai faktor. Usaha Paman memiliki faktor pendukung, antara lain kualitas kerang sebagai bahan baku, kemasan barang, promosi barang, serta penyaluran barang. Semua faktor tersebut harus Paman penuhi agar usaha ini semakin berkembang pesat. Selain itu, Paman juga memiliki tanggung jawab kepada para pemasok kerang dan juga konsumen.