Jangan Lagi Anggap Sepele, Ini 5 Jenis Malaria yang Bisa Membahayakan Tubuh, dari Malaria Falciparum hingga Malaria Knowlesi

By Thea Arnaiz, Sabtu, 20 November 2021 | 11:00 WIB
Penyakit malaria perlu diwaspadai, kethaui jenis-jenis malaria berdasarkan parasitnya. (Foto oleh MART PRODUCTION dari Pexels)

Bobo.id - Malaria adalah penyakit yang masih harus diwaspadai dari zaman dahulu hingga sekarang.

Malaria disebabkan oleh nyamuk Anopheles yang membawa parasit Plasmodium. Jenis nyamuk ini menginfeksi tubuh melalui gigitannya.

Orang yang terinfeksi parasit itu bisa mengalami gejala berupa anemia, demam, menggigil, sakit kepala, mual dan muntah, serta nyeri otot.

Jika tidak segera ditangani, penyakit malaria bisa menyebabkan pasiennya mengalami pembekuan darah, gagal ginjal, bahkan kematian.

Oleh karena itu, kita harus tetap waspada terhadap penyakit ini apalagi ketika musim hujan tiba.

Penyakit malaria juga ada beberapa macam jenisnya berdasarkan parasit yang menginfeksi. Apa saja itu? Yuk, cari tahu dari penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Bisa Gunakan Madu hingga Oatmeal, Ini 4 Cara Ampuh untuk Hilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Jenis-jenis malaria yang berbahaya berdasarkan parasitnya

Malaria yang menyerang manusia bisa dibedakan berdasarkan parasit yang menginfeksi tubuh manusia. Berikut jenis-jenis malaria tersebut:

1. Malaria Falciparum

Jenis malaria falciparum, kasusnya lebih banyak ditemukan di Afrika. Jenis malaria ini berbahaya dan bisa menyebabkan kematian.

Apalagi jenis parasiti malaria falciparum, yaitu Plasmodium falciparum berkembang biak begitu cepat.

Parasit ini bisa menyebabkan tubuh kita kehilangan banyak darah dan menyebabkan pembuluh darah tersumbat.