Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Wirausaha, Apa Sikap yang Harus Diterapkan Pak Joko agar Dagangannya Terjual?

By Thea Arnaiz, Kamis, 25 November 2021 | 07:30 WIB
Kunci jawaban materi eklas 6 SD/MI tema wirausaha, apa sikap yang harus diterapkan Pak Joko agar dagangannya laku terjual. (200degrees/pixabay)

Bobo.id - Pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema wirausaha, pembelajaran 1, tepatnya halaman 104.

Teman-teman akan mempelajari materi tentang literasi. Dalam materi ini dan selanjutnya teman-teman akan mempelajari teks bacaan

Dan setelahnya mengerjakan beberapa soal pertanyaan serta menemukan kunci jawabannya.

Dalam materi literasi, bacaannya akan disesuaikan dari materi yang selama ini teman-teman peroleh dalam pelajaran tema wirausaha.

Untuk segera mengerjakannya, kita bisa langsung saja membaca teks berikut ini. Bacalah dengan saksama!

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 6, Apa Pentingnya Melaksanakan Hak untuk Diri Sendiri?

Kewirausahaan

Kewirausahaan merupakan terjemahan dari kata dalam bahasa Inggris, yaitu entrepreneurship. Kata entrepreneurship sendiri sebenarnya berawal dari bahasa Prancis, yaitu entreprende, yang berarti petualang, pencipta, dan pengelola usaha. Istilah tersebut diperkenalkan pertama kali oleh pakar ekonomi Prancis bernama Richard Cantillon pada tahun 1755. Istilah tersebut makin populer setelah digunakan oleh pakar ekonomi Prancis J.B Say pada tahun 1803 untuk menggambarkan para pengusaha yang mampu memindahkan sumber daya ekonomis dari tingkat produktivitas rendah ke tingkat yang lebih tinggi.

Kata wirausaha dalam bahasa indonesia merupakan gabungan dari wira (gagah. Berani, perkasa) dan usaha. Oleh karena itu, istilah wirausahawan dapat diartikan sebagai orang yang berani atau perkasa dalam usaha/bisnis. Berdasarkan instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 tahun 1995 tanggal 30 Juni 1995 tentang Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan, kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha dan kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi dan produksi baru dengan meningkatkan efesiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.