Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 7, Apa Saja Nilai-Nilai Pancasila yang Diterapkan oleh Para Anggota Koperasi?

By Thea Arnaiz, Selasa, 7 Desember 2021 | 11:00 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD tema 7, nilai-nilai pancasila apa yang diterapkan oleh para anggota koperasi. (mohamed hassan/pxhere)

 

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD tema 7, subtema 3, tepatnya halaman 122, teman-teman akan melanjutkan pembelajaran teks pidato yang disampaikan Pak Badru.

Kita akan mengidentifikasi bagian pembuka, inti, dan penutup teks pidato serta hal-hal lainnya. Oleh karena itu, amati dengan baik teks penggalan teks pidato berikut ini.

Setelah membacanya, teman-teman akan melanjutkan mengerjakan pertanyaan dan temukan kunci jawabannya. 

“Bapak dan Ibu Guru serta seluruh karyawan SD Palapa yang saya hormati. Tidak terasa, sudah satu tahun saya menjalankan kepercayaan dari Bapak dan Ibu untuk memimpin koperasi karyawan kita.” 

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Sikap Bersyukur, Materi Kelas 3 SD Tema 4

“Sudah beberapa tahun kita bersama-sama merasakan manfaat organisasi kecil kita ini.” 

“Perlu kita ingat kembali, bahwa tujuan mendirikan koperasi bukan untuk mencari keuntungan. Koperasi karyawan kita dirikan untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. Semua anggota memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati hasil atas berkembangnya usaha bersama ini.” 

“Bapak dan Ibu, kekeluargaan dan kebersamaan merupakan modal utama dalam koperasi ini. Peduli terhadap jalannya usaha koperasi menjadi kewajiban tiap anggota, bukan hanya tugas ketua atau pengurus. Semua memperoleh kesempatan untuk belajar. Secara mandiri kita menetapkan jenis usaha koperasi dan menjalankannya. Pengurus yang melaksanakan, anggota yang mengawasi dan memberi masukan.”