Tak Terbuang Sia-Sia, Ini 2 Manfaat Susu Kedaluwarsa untuk Pupuk Tanaman Hias

By Thea Arnaiz, Jumat, 10 Desember 2021 | 18:15 WIB
Susu basi bisa digunakan sebagai pupuk tanaman di rumah. (Foto oleh Huy Phan dari Pexels)

 

Bobo.id - Tanaman agar bisa tumbuh dengan baik serta subur hingga menumbuhkan daun dan bunga yang menyenangkan untuk dilihat.

Tentunya, membutuhkan perawatan yang hati-hati serta teratur bukan? Biasanya, untuk memicu pertumbuhan tanaman, kita akan menumbuhkan pupuk.

Dengan pupuk, tumbuhan akan mendapatkan nutrisi tambahan. Kita bisa menggunakan pupuk kimia maupun kompos yang dijual bebas di toko pertanian terdekat, kok.

Namun, selain membelinya kita juga bisa memanfaatkan bahan makanan yang tidak terpakai lagi di rumah, lo.

Salah satunya, adalah dengan memanfaat susu yang sudah kedaluwarsa di kulkas. Susu kedaluwarsa bisa kita gunakan untuk memupuki tanaman hias yang ada di rumah.

Daripada terbuang sia-sia, teman-teman bisa menuangkan susu basi tersebut pada tanaman yang ada di rumah.

Baca Juga: Meskipun Termasuk Jenis Tanaman, Ternyata Kecerdasan Putri Malu Sama seperti Putri Dongeng #MendongenguntukCerdas

Lalu, kira-kira manfaat yang akan diperoleh tanaman setelah disiram susu basi apa ya? Untuk itu, cari tahu lebih lanjut dari manfaat susu basi sebagai pupuk tanaman, yuk! 

1. Mengandung Nutrisi yang Menyuburkan 

Susu yang sudah kedaluwarsa memang sudah tidak bisa teman-teman konsumsi lagi.

Tidak perlu buru-buru dibuang, gunakanlah untuk menyiram tanaman. Hal ini karena kandungan nutrisi, seperti kalsium, protein, vitamin, dan gula masih dibutuhkan oleh tanaman agar bisa tumbuh besar dan kuat.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Gardening Know. Jadi, tiap ada susu kedaluwarsa, kita bisa langsung saja menyiramkannya pada tanaman tanpa ragu untuk menyuburkannya.