Benarkah Komodo Hanya Bisa Hidup di Pulau Komodo? Cari Tahu Faktanya!

By Tyas Wening, Sabtu, 18 Desember 2021 | 16:05 WIB
Hewan komodo ini hanya bisa ditemui di Pulau Komodo Indonesia, yang menjadi salah satu daya tarik negara kita. (parkineer/pixabay)

Bobo.id - Komodo adalah satu dari sekian banyak hewan endemik atau hewan asli Indonesia.

Bahkan, ada salah satu pulau di Indonesia yang dinamakan sama dengan naman hewan ini, yaitu Pulau Komodo yang ada di Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Ada berbagai keunikan dari komodo, nih, teman-teman.

Misalnya seperti komodo yang merupakan jenis kadal terbesar, kemampuan anak komodo untuk memanjat pohon, hingga kemampuannya untuk melacak mangsa yang berada 9 meter jauhnya.

Namun ada hal unik lainnya dari komodo, nih, teman-teman, yaitu diketahui kalau komodo ini hanya ada di Indonesia dan tidak pergi menjelajah daerah lain.

Wah, apa sebabnya, ya? Cari tahu jawabannya, yuk!

Baca Juga: Sering Disangka Keturunan Dinosaurus, Ini Fakta Unik Hewan Komodo

Komodo Hidup di Lima Pulau di Indonesia

Sebagai hewan endemik atau hewan asli Indonesia, habitat komodo adalah di bagian timur Indonesia.

Komodo bisa ditemukan di lima pulau di Indonesia, yaitu Pulau Komodo, Rinca, Gili Montang, Gili Dasami, dan di Pulau Flores.

Karena habitatnya yang hanya ada di lima pulau, komodo disebut sebagai predator dengan wilayah jelajah terkecil di dunia.

Uniknya, komodo hanya bisa ditemukan di pulau-pulau yang Bobo sebutkan tadi saja dan tidak ditemukan secara liar di wilayah lain di Indonesia atau belahan dunia lainnya.