Para Siswa Diajak Turut Ramaikan G20 2022 di Indonesia, Acara Apa Itu?

By Niken Bestari, Kamis, 23 Desember 2021 | 16:30 WIB
Para siswa diajak untuk turut meramaikan dan menyebarkan informasi mengenai G20 2022. (Pixabay.com)

Bobo.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate, mengajak generasi muda untuk ikut ambil peran dalam menyukseskan Presidensi Indonesia dalam pertemuan 20 negara ekonomi terbesar dunia (G20).

Indonesia akan menjadi Presidensi G20 Tahun 2022, sehingga Indonesia akan bertanggung jawab penuh atas penyelenggaraan seluruh rangkaian kegiatan Presidensi G20 selama setahun kedepan.

Lalu, apakah G20 itu?

Dikutip dari laman Kementerian Keuangan (kemenkeu.go.id) G20 atau Group of Twenty (Kelompok Dua Puluh) adalah sebuah kelompok kerja sama ekonomi internasional.

Baca Juga: Rangkuman Soal Peran Indonesia dalam Kerja Sama Ekonomi ASEAN dan Kegiatan Wirausaha di Lingkungan Sekitar, Materi Kelas 6 SD/MI Tema Wirausaha

Ekonomi adalah ilmu dan kegiatan manusia dalam mengolah sumber daya untuk mendatangkan keuntungan.

Kelompok ini memiliki anggota dari negara-negara dengan perekonomian besar di dunia yang terdiri atas 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa.

Kelompok ini dibentuk pada 1999 ini memiliki posisi yang menguntungkan.

G20 adalah perwakilan dari 85 persen perekonomian dunia, 80 persen investasi global, 75 persen perdagangan internasional, dan 60 persen populasi masyarakat dunia.