Masih Bisa Bertambah Tinggi, Ini 5 Fakta Menarik dari Pegunungan Himalaya

By Thea Arnaiz, Jumat, 31 Desember 2021 | 09:00 WIB
Cari tahu Pegunungan Himalaya yang menjadi tempat Gunung Everest, gunung tertinggi di dunia. (Foto oleh Aleks Magnusson dari Pexels)

 

Bobo.id - Kita semua pasti mengenal Pegunungan Himalaya menjadi barisan pegunungan yang tinggi dan besar di Asia.

Di Pegunungan Himalaya kita juga bisa menemukan gunung tertinggi di dunia, yaitu Gunung Everest dengan ketinggian 8848 meter.

Selain itu Pegunungan Himalaya mempunyai fakta menarik, yaitu pegunungan ini melewati beberapa negara antara lain Nepal, Bhutan, Myanmar, Tiongkok, India, Afganistan, dan Pakistan.

Lalu, adakah fakta-fakta lainnya yang menarik dari Pegunungan Himalaya? Untuk mengetahuinya, teman-teman bisa menyimak melalui informasi berikut ini. Yuk, simak!

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Ini yang Terjadi pada Tubuh dan Otak ketika Kita Merasa Takut 

1. Menjadi Kutub Ketiga Bumi 

Tahukah teman-teman kalau bumi mempunyai tiga kutub. Selain ada kutub utara dan kutub selatan, kita juga punya kutub di Pegunungan Himalaya.

Hal ini karena Pegunungan Himalaya jadi tempat ketiga yang menyimpan jumlah salju dan es setelah kutub utara dan selatan.

Himalaya yang tersebar di lebih 4,2 juta kilometer persegi ini, bisa bersalju sepanjang tahun dan esnya tidak mudah mencair, lo. 

2. Pegunungan Termuda 

Ketika bumi berusia sekitar 70 juta tahun yang lalu, Pegunungan Himalaya adalah pegunungan yang baru terbentuk.

Oleh sebab itu, Himalaya jadi pegunungan termuda di antara pegunungan lainnya. Lalu, jika ada pegunungan termuda, adakah pegunungan tertua di bumi?

Tentu saja ada, pegunungan tertua di bumi adalah Sabuk Barberton Greenstone di tepi timur Kraton Kaapvaal di Afrika Selatan.

Sabuk Barberton Greenstone atau Pegunungan Makhonjwa ini sudah berusia 3,2 hingga 3,6 miliar tahun, lo!