Infeksi Virus Influenza dan COVID-19 pada Tubuh Sebabkan Florona, Ketahui Penyebab dan Gejalanya

By Thea Arnaiz, Rabu, 5 Januari 2022 | 15:30 WIB
Apa itu florona? Cari tahu melalui penjelasan berikut. (Foto oleh Anna Shvets dari Pexels)

Bobo.id - Saat ini, ada kasus terbaru tentang munculnya penyakit florona dari seseorang yang dilaporkan terinfeksi COVID-19 dan influenza, sehingga disebut dengan florona.

Kasus pertama florona ini dialami oleh seorang perempuan yang sedang hamil di Israel. Pasien tersebut sekarang dirawat di Rabin Medical Center, Israel.

Menurut Direktur Departemen Ginekologi Rabin Medical Center, Profesor Arnon Vizhnitser mengatakan, pasien tersebut dinyatakan positif COVID-19 dan influenza setibanya di rumah sakit.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai florona, teman-teman bisa menyimak penjelasannya berikut ini. Yuk, simak! 

Apa Itu Florona? 

Menurut epidemiologi dari Griffith University Australia, Dicky Budiman, florona bukanlah varian baru dari virus Corona COVID-19.

Melainkan florona adalah istilah yang digunakan untuk mendiagnosis adanya dua infeksi, yaitu antara influenza dan SARS-CoV-2.

Istilah ini sendiri bukanlah istilah medis, melainkan istilah umum dari media pemberitaan agar masyarakat lebih mudah mengetahui.

Jadi, florona ini menyebabkan seorang pasien mengalami dua infeksi virus secara bersamaan.

Baca Juga: Sering Tiba-Tiba Memar? Jangan Dianggap Remeh, Bisa Jadi Tanda Adanya Masalah pada Tubuh

Penyebab Munculnya Florona 

Menurut Ketua Satuan Tugas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Zubairi Djoerban, penyebab munculnya infeksi florona bisa disebabkan karena kondisi sistem imunitas pada tubuh yang lemah.