Jangan Disepelekan, Bedak Tabur Bayi ternyata Bisa Membahayakan Kesehatan

By Niken Bestari, Kamis, 6 Januari 2022 | 18:00 WIB
bedak tabur bayi disebut tidak aman. (Bobo.id)

Bobo.id - Adik bayi biasanya diberikan bedak tabur supaya berbau wangi dan segar. Bahkan bedak bayi juga sering digunakan oleh anak-anak untuk menghilangkan bau badan tidak sedap.

Tahukah teman-teman bahwa penggunaan bedak tabur bayi menjadi hal yang diperdebatkan, lo.

Sebagian orang mengatakan kalau bedak tabur berbahaya, sementara sebagian lainnya mengatakan kalau bedak tabur aman digunakan pada bayi dan anak-anak.

Manakah yang benar? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Bedak tabur bayi umumnya terbuat dari bubuk talcum (magnesium silikat)  atau tepung jagung. Bedak tabur bayi sebenarnya sudah digunakan sejak lama bagi bayi dan anak-anak.

Namun, belakangan ini beredar informasi bahwa penggunaan bedak tabur pada bayi memiliki risiko menimbulkan efek samping serius, seperti kanker.

Risiko Penggunaan Bedak Bayi

Tak sedikit orang tua yang percaya bahwa bedak tabur bayi bisa mencegah dan mengobati ruam popok bayi.

Selain itu, bedak tabur bayi juga sering digunakan ke anak-anak untuk menghilangkan bau badan. Namun, apakah penggunaan bedak bayi ini baik untuk kesehatan bayi dan anak-anak?

Baca Juga: Tak Ada Lagi Bau Tak Sedap di Sepatu! Ini 5 Tips Ampuh untuk Menghilangkannya, Salah Satunya dengan Bedak Bayi

Sebenarnya, manfaat bedak tabur bayi ini belum terbukti secara medis. Bedak tabur bayi belum bisa dipastikan akan memberikan manfaat, seperti menghilangkan ruam atau bau pada bayi dan anak-anak.

Selain itu, bedak bayi bisa mengendap di lipatan kulit, serta keringat serta cairan pipis bayi dapat menimbulkan iritasi pada kulit