Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 5, Materi Rantai Makanan pada Ekosistem

By Niken Bestari, Rabu, 12 Januari 2022 | 07:30 WIB
Singa adalah salah satu hewan karnivora sekaligus konsumen tingkat II. (Pixabay.com)

Bobo.id - Pada buku tematik Kelas 5 SD Tema 5 Ekosistem, teman-teman akan belajar mengenai hubungan timbal balik makhluk hidup di lingkungannya.

Ekosistem adalah kumpulan dari individu, populasi, dan komunitas.

Karena dalam ekosistem memiliki banyak komponen, yakni benda mati (abiotik) dan makhluk hidup (biotik), maka akan terjadi rantai makanan di dalam ekosistem tertentu.

Rantai makanan adalah sebuah peristiwa daur makan dan dimakan antara sesama makhluk hidup yang memiliki urutan-urutan tertentu.

Dalam suatu rantai makanan, ada makhluk hidup yang memiliki peran sebagai produsen, konsumen, dan sebagai pengurai.

Rantai makanan memiliki tingkatan tersendiri dan berlaku di semua ekosistem, yang disebut juga dengan tingkat trofik.

Pada tingkat trofik yang pertama yakni suatu organisme yang bisa menghasilkan atau membuat makanan sendiri yakni tumbuh-tumbuhan hijau bisa disebut juga sebagai produsen.

Lalu organisme yang menempati urutan tingkat tropik yang kedua yaitu konsumen primer (konsumen tingkat I), konsumen tingkat I ini umumnya ditempati oleh hewan hewan herbivora atau hewan pemakan tumbuhan.

Selanjutnya, organisme yang menempati urutan tingkat tropik selanjutnya disebut dengan konsumen tingkat II atau konsumen sekunder yang umumnya ditempati oleh hewan-hewan carnivora (hewan pemakan daging) dan seterusnya.

Baca Juga: Rantai Makanan Berperan Penting di Alam, Simak Rantai Makanan yang Terjadi pada Suatu Ekosistem

Lalu, organisme yang menempati tingkat tropik tertinggi atau yang terakhir disebut juga dengan konsumen puncak, biasanya ditempati oleh hewan omnivora dan organisme pengurai.

Mari kita buat contoh rantai makanan pada ekosistem padang rumput berikut ini.