Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 9, Apa Hal yang Kamu Sukai tentang Tokoh Utama dalam Cerita Fiksi ‘Kejujuran Wina’?

By Thea Arnaiz, Sabtu, 15 Januari 2022 | 07:00 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD tema 9, apa yang kamu sukai tentang tokoh utama dalam cerita fiksi 'Kejujuran Wina'. (Foto oleh Thirdman dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD tema 9, subtema 1, tepatnya halaman 66.

Teman-teman akan memahami pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia harus kita jadikan semangat untuk tetap bersatu.

Karena, hanya dengan terwujudnya rasa persatuan dan kesatuan kita bisa mencapai cita-cita bangsa Indonesia.

Untuk mengetahui lebih lanjut, simaklah pentingnya persatuan dan kesatuan bagi diri sendiri, masyarakat, dan bagi negara berikut ini.

Lalu, kerjakanlah tugas yang diberikan dan temukan kunci jawabannya. 

Kejujuran Wina 

Oleh Fransisca Emilia 

Menjelang malam hari, di sebuah rumah di Banyumanik, Semarang, seorang siswa kelas enam SD, Wina, baru ingat kalau esok pagi harus mengumpulkan tugas menulis cerpen. Wina lalu mencoba mengerjakan tugas itu. Namun hanya beberapa kalimat yang berhasil ia selesaikan. Selanjutnya buntu. 

Baca Juga: Cari Jawaban PJOK Kelas 6 SD, Soal Evaluasi Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar dalam Berbagai Permainan Bola Kecil

Pandangan Wina lalu tertuju pada tumpukan majalah di rak buku. Ada beberapa majalah tua koleksi ibunya. Wina tiba-tiba mendapat akal. Ia tahu di majalah itu ada kolom untuk anak-anak yang memuat cerita anak. Wina lalu memilih salah satu cerita. Ia menyalin cerita itu. 

Esok paginya di kelas, Wina segera mengumpulkan tugasnya kepada Boy, si ketua kelas. Tera teman sebangkunya lalu menyapa Wina. “Cerpenmu sudah selesai, Wina?”