Fakta Menarik Tonga, Kerajaan yang Dikelilingi Gunung Berapi Bawah Laut di Samudra Pasifik

By Niken Bestari, Minggu, 16 Januari 2022 | 12:59 WIB
Fakta menarik Tonga, kerajaan berbentuk kepulauan di Samudra Pasifik. (Unsplash.com)

Bobo.id - Jika teman-teman membuka peta dunia, di sebelah Timur Papua, akan terlihat pulau-pulau kecil yang membentuk gugusan kepulauan.

Salah satu wilayah kepulauan tersebut adalah Tonga, sebuah kerajaan kepulauan yang dikelilingi gunung berapi bawah laut.

Tonga, yang secara resmi dikenal sebagai Kerajaan Tonga atau Tonga Fakatuʿi o Tonga, juga disebut sebagai Friendly Islands.

Tonga terletak di wilayah di barat daya Samudra Pasifik. Kepulauan Tonga terdiri dari sekitar 170 pulau yang dibagi menjadi tiga kelompok pulau utama, yaitu Tongatapu di selatan, Haʿapai di tengah, dan Vavaʿu di utara.

Informasi Menarik Kepulauan Tonga

Penampakan Alam

Tonga dikelilingi oleh gunung berapi bawah laut yang membentuk dua rantai yang menghubungkan pulau-pulau Tonga.

Sebagian besar pulau-pulau di di bagian barat Tonga disebut sebagai pulau-pulau tinggi, karena pulau tersebut tinggi menjulang oleh aktivitas dorongan gunung berapi di bawah laut.

Empat gunung berapi di bawah laut di Tonga merupakan gunung berapi yang masih aktif. 

Baca Juga: 3 Fakta Unik Samudra Pasifik, Salah Satunya Pernah Terjadi Badai Terkuat yang Pernah Ada

Gunung berapi bawah laut Tonga juga tersebar mengelilingi pulau, salah satu gunung berapi bawah laut terbesar adalah Tonga Hunga-Tonga Ha'pai.

Aktivitas gunung berapi bawah laut di Tonga ini sangat tinggi, bahkan hingga menyebabkan munculnya pulau-pulau baru karena dorongan dari dalam kerak Bumi.