Gunung Berapi Bawah Laut Tonga Meletus hingga Sebabkan Tsunami di Jepang, Ini 4 Gunung Berapi Bawah Laut di Dunia

By Thea Arnaiz, Senin, 17 Januari 2022 | 12:30 WIB
Jepang diterjang tsunami akibat gunung berapi bawah laut Tonga, ketahui juga gunung berapi bawah laut lainnya di dunia. (piqsels)

Bobo.id - Jepang pada Minggu pagi 16 Januari 2022 dihantam tsunami setelah terjadi letusan gunung berapi bawah laut di Tonga.

Akibatnya, Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan kepada 210.000 warganya yang ada ditujuh prefektur untuk menjauh dari pantai.

Badan Penanggulangan Kebakaran dan Bencana Jepang mengatakan, setidaknya warga yang ada di prefektur Aomori, Iwate, Miyagi, Chiba, Kochi, Miyazaki, dan Kagoshima harus menjauhkan diri dari pantai.

Selain itu, prediksi tsunami setinggi 3 meter mungkin akan melanda beberapa pulau barat daya Jepang termasuk Pulau Amami serta prefektur timur laut Iwate.

Tsunami setinggi 1,2 meter pun sudah diamati terjadi di kota Amami pada Sabtu tengah malam, sedangkan di Prefektur Iwate terjadi tsunami setinggi 1,2 meter pada Minggu pukul 2:26 pagi.

Seperti yang teman-teman ketahui, tsunami yang terjadi di Jepang ini adalah akibat letusan gunung berapi di bawah laut yang bernama Tonga.

Tonga sendiri adalah gunung berapi bawah laut yang terletak di antara pulau bernama Hunga Tonga dan Hunga Ha’pai.

Kedua pulau itu sendiri adalah bagian dari Kerajaan Tonga yang terletak di barat daya Samudra Pasifik.

Kerajaan yang mempunyai wilayah kepulauan ini juga menjadi bagian persemakmuran negara Inggris, dengan ibu kota Nuku’alofa di Pulau Tongatapu.

Baca Juga: Fakta Menarik Tonga, Kerajaan yang Dikelilingi Gunung Berapi Bawah Laut di Samudra Pasifik

Selain negara Jepang yang terkena tsunami akibat letusan gunung berapi bawah laut, ibu kota Tonga juga terkena tsunami ini.

Lalu, sebenarnya ada berapa gunung berapi di bawah laut di dunia, ya? Selain ada gunung berapi bawah laut Tonga, kira-kira adakah yang lainnya?