Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 9, Informasi Mengenai Berbagai Macam Tari Kreasi Daerah

By Thea Arnaiz, Selasa, 25 Januari 2022 | 11:00 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD tema 9, informasi mengenai berbagai macam tari kreasi daerah. ( Author ARIEF RAHARDJO/commons.wikimedia.org)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD tema 9, subtema 2, tepatnya halaman 129.

Pada zaman dahulu sebelum terjadinya modernisasi, masyarakat Indonesia hidup dengan cara berkumpul dan membuat hiburan kecil saat bulan purnama.

Mereka melakukan permainan, bercerita, dan juga menari. Dari kegiatan tersebutlah tercipta tari tradisional daerah sebagai hiburan yang menyenangkan.

Sekarang ini, di era modernisasi banyak tari daerah dikembangkan lagi oleh para seniman menjadi tari kreasi daerah.

Tari kreasi daerah tersebut sering muncul ketika sedang mengadakan pesta rakyat, pentas seni, dan lain-lain.

Untuk mengetahui lebih lanjut, teman-teman bisa membaca teks informasi berikut ini. Setelah itu kerjakanlah soalnya dan temukan kunci jawabannya. 

Tari Kreasi Daerah di Indonesia yang Beraneka Ragam 

Tari kreasi yang dikembangkan para seniman daerah merupakan tari kreasi daerah. Namun demikian, tari kreasi tersebut masih mengacu pada tari daerah yang sudah ada sebelumnya. Oleh karena itu, dalam beberapa hal terdapat persamaan yang nyata antara tari daerah dan tari kreasi daerah. Pertama, kedua jenis tari kreasi memiliki fungsi yang kurang lebih sama dalam tata masyarakat di mana tarian ini berasal. Kedua, kedua jenis tari kreasi ini memiliki beberapa gerakan yang sama karena tari kreasi daerah mengacu kepada tari daerah yang sudah ada sebelumnya. Semua gerakan kedua jenis tari kreasi ini bertumpu pada gerakan tangan, kaki, dan badan. Ketiga, kedua jenis tari ini diiringi oleh alat musik dan nyanyian sebagai pengiringnya. 

Namun, secara khusus tari kreasi dari berbagai daerah memiliki perbedaan-perbedaan yang dapat diamati dengan jelas. Masing-masing jenis tari memiliki keunikan gerakan yang berbeda satu dengan lainnya. Keunikan ini yang dicoba untuk terus dipertahankan dan dikembangkan sehingga menjadi ciri khusus yang mudah dikenali masyarakat. Beberapa jenis alat musik yang digunakan pun memiliki keunikan yang berbeda-beda, sehingga menimbulkan suara yang juga menjadi keunikan tarian tersebut. Berikutnya adalah, tentu saja, busana yang dikenakan merupakan keunikan yang paling jelas dapat dilihat. Ada beberapa bagian dari properti tari yang unik dan khusus hanya untuk tari tertentu. Sama dengan musik dan gerakan, perbedaan ini juga menjadi penciri tari tersebut yang membedakannya dengan tarian yang lainnya. 

Baca Juga: Cara Melakukan Gerakan Berayun dan Manfaatnya, Materi Kelas 3 SD Tema 5

Berikut ini adalah beberapa contoh tari kreasi daerah yang cukup dikenal di masyarakat Indonesia. Pertama adalah Tari Merak. Tari ini merupakan ciptaan seniman Sunda Tjetje Somantri dari Jawa Barat pada pertengahan abad ke-19. Tari ini berusaha mengekspresikan keindahan burung merak. 

Tari berikutnya adalah Tari Kupu-Kupu yang berasal dari Bali yang mengekspresikan kehidupan kupu-kupu biru tua. Tari kupu-kupu biasa ditampilkan secara berkelompok oleh lima orang penari wanita. Para penari menampilkan gerakan menari dan tata busana yang indah. Tari ini sudah cukup terkenal karena sering Ditampilkan dalam festival-festival tari dunia.