Hasil dari Gerakan Nasionalisme India

By Iveta Rahmalia, Jumat, 28 Januari 2022 | 20:10 WIB
Ilustrasi masyarakat India - Ada berbahal pembaharuan dari hasil nasionalisme India. (Rajmohan09/Pixabay)

Bobo.id - Apa saja hasil dari gerakan nasionalisme India? Sebelum kita temukan kunci jawabannya, cari tahu dulu latar belakangnya, yuk!

Sejak tahun 1600-an, Inggris mengusai India dan mendirikan kongsi dagang EIC.

Awalnya, Inggris mendapat izin untuk berdagang di Gujarat. Namun, lama-lama Inggris mulai menguasai wilayah yang ada di India.

Setelah berhasil mengusai sebagian besar wilayah India, Inggris melakukan eksploitasi besar-besaran yang membuat rakyat India menderita.

Rakyat pun mulai sadar untuk memperjuangkan kebebasan dari Inggris. Maka muncul lah gerakan nasionalisme India.

Gerakan nasionalisme ini berlangsung pada 1857 hingga 1947. Dikutip dari Kompas.com, titik awal perjuangan nasionalisme India terjadi pada Perang Kemerdekaan India tahun 1857-1859. 

Berikut hasil dari nasionalisme India:

All Indian National Congress

Nasionalisme India memunculkan organisasi gerakan nasional rakyat India yang bernama All Indian National Congress, pada tahun 1885. 

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Tentang Kemerdekaan Indonesia 76 Tahun Silam, Salah Satunya Naskah Proklamasi Pernah Terbuang

All Indian National Congress atau Congress ini terdiri dari perwakilan golongan Hindu, Buddha dan Islam di India.

Gerakan nasionalisme ini melibatkan tokoh-tokoh terkenal, di antarnya adalah Mahatma Gandhi, Ali Liqhut Khan, Jawaharlal Nehru, Banarjee, Mohammad Ali Jinah, dan B.G Tilaq.