Bobo.id - Pada buku tematik Kelas 5 SD Tema 5, teman-teman belajar pengetahuan baru mengenai petani subak di Bali.
Petani subak adalah bentuk interaksi antar masyarakat dalam upaya memajukan pembangunan sosial budaya di Indonesia.
Petani subak memiliki sistem irigasi yang unik dengan memanfaatkan budaya gotong royong.
Nah, teman-teman pasti sudah membaca teks Sistem Irigasi Subak, sekarang bukalah halaman 70.
Teman-teman akan menemukan soal yang memerintahkan kalian untuk membuat ringkasan dan menjawab pertanyaan terkait teks Sistem Irigasi Subak.
Berikut ini adalah pilihan jawaban dari soal-soal tersebut.
Soal: Buatlah ringkasan berdasarkan bacaan tersebut.
Jawaban: Subak merupakan sekumpulan petani di Bali. Satu kelompok subak biasanya memiliki satu sumber air yang dikelola dengan menggunakan sistem gotong royong dan saling membantu.
Setiap anggota subak harus bertanggung jawab terhadap penggunaan air. Sistem irigasi subak dipimpin oleh seorang pekaseh atau klean subak yang bekerja sama dengan para kepala desa dan perangkat.
Baca Juga: Pikiran Utama dan Informasi Teks 'Irigasi Subak', Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 5
Mereka mengatur dan memberitahukan ketersediaan air pada areal persawahan kelompoknya.
Sistem irigasi subak dibangun oleh masyarakat Bali sejak beratus tahun lalu. Semua persoalan pertanian dalam subak dibahas secara musyawarah.
Subak memperhatikan asas kerja sama dan keadilan dengan menggunakan sistem meminjam air kepada anggotanya. Tahun 2012 subak diakui sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO.
Sekadar informasi tambahan, UNESCO atau Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
Soal: Bersama dengan kelompokmu, diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut ini. Jawablah di buku catatanmu. Setelah itu, presentasikan hasil diskusimu.
a. Apakah tujuan dibentuknya subak?
Jawaban:Tujuan dibentuknya subak di Bali adalah untuk mengatasi persoalan air irigasi.
b. Apa saja manfaat yang diperoleh para petani dari sistem irigasi subak di Bali?
Jawaban:Manfaat subak antara lain petani mendapatkan air yang cukup untuk sawahnya, melatih petani setiap bertanggung jawab terhadap penggunaan air, cara menjaga kualitas air, jumlah air yang akan dialirkan, dan waktu pengairan.
Baca Juga: Jatiluwih, Keindahan Sawah di Pulau Dewata
c. Apa sajakah peran pekaseh?
Jawaban:Para pekaseh bekerja sama dengan para kepala desa dan perangkat desa dalam mengatur dan memberitahukan ketersediaan air pada areal persawahan kelompoknya.
d. Bagaimana cara anggota kelompok subak di Bali dalam mengambil keputusan?
Jawaban:Semua keputusan dalam subak dibahas secara musyawarah dan perencanaan yang baik.
e. Apa yang menyebabkan sistem subak berhasil meraih perhatian dunia?
Jawaban:Subak tidak hanya memperhatikan sistem irigasi, tetapi juga memperhatikan asas kerja sama dan keadilan dengan menggunakan sistem meminjam air kepada anggotanya.
f. Jelaskan nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang didapatkan dari sistem irigasi subak di Bali.
Jawaban:Nilai persatuan dan kesatuan dalam sistem subak antara lain: (1) dalam pembagian air dilakukan dengan musyawarah; (2) dalam pembagian air dilakukan dengan adil dan tidak ada yang diuntung atau dirugikan; (3) dalam pelaksanaan pembagian air mereka bekerja-sama satu dengan yang lain, dan (4) saling pinjam meminjam air irigasi antara satu dengan yang lain, antara subak satu dengan subak yang lain.
Nah, itulah pilihan jawaban untuk soal membuat ringkasan dan menjawab pertanyaan terkait teks Sistem irigasi Subak.
Tonton video ini juga, yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.