Memahami Procedure Text: Struktur dan Contohnya, Materi Bahasa Inggris

By Niken Bestari, Selasa, 8 Februari 2022 | 18:15 WIB
Struktur dan contoh procedure text. Salah satunya adalah resep masakan. (Pixabay)

Bobo.id - Procedure Text adalah teks yang berisi panduan bagi para pembaca untuk melakukan sesuatu langkah demi langkah.

Sesuai namanya, Procedure Text memiliki urutan-urutan yang memberikan keterangan langkah bagi para pembaca.

Pastinya, teman-teman sudah sering menemukan dan membaca Procedure Text, sebab jenis teks Bahasa Inggris ini mudah ditemukan.

Contoh Procedure Text adalah resep masakan, cara membuat sesuatu, cara berkebun, cara membuat karya kreativitas, dan lain-lain.

Berikut ini adalah unsur dari Procedure Text:

- Teks ini membahas fakta mengenai pembuatan atau penggunaan sesuatu, sehingga perlu menggunakan simple present tense.

- Karena perlu menjelaskan beberapa steps, kita harus menggunakan kalimat perintah (imperative sentence) yang diawali kata kerja (verb).

- Procedure Text harus ditulis secara berurutan, sehingga bisa menggunakan kata hubung. Misalnya: pertama-tama (first), setelah itu (next), akhirnya (finally), dan lain-lain.

- Untuk memberikan keterangan waktu atau durasi pembuatan dalam procedure teks, kita perlu menggunakan kata keterangan (adverb). Contohnya adalah selama 5 menit (in 5 minutes), untuk satu jam (for an hour), dan seterusnya.

Baca Juga: Memahami Recount Text: Struktur dan Contohnya, Materi Bahasa Inggris

Selain itu, kita juga bisa menggunakan keterangan cara (adverb of manner). Contohnya, dengan perlahan (slowly), hati-hati (carefully), dan lain sebagainya.

Struktur Procedure Text