Bobo.id - Pada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas 6 SD, tepatnya halaman 5, materinya adalah mengenal algoritma.
Algoritma ini awalnya diperkenalkan oleh seorang ahli matematika bernama Al-Khawarizmi yang hidup sekitar abad ke sembilan di Uzbekistan.
Sedangkan, algoritma sendiri berarti merujuk pada aturan-aturan untuk menyelesaikan masalah menggunakan bilangan.
Jadi, bisa disimpulkan algoritma adalah langkah-langkah atau proses yang harus dilakukan jika ingin melakukan sesuatu.
Namun, saat ini algoritma juga jadi istilah pada suatu program komputer.
Seperti yang teman-teman tahu, kalau komputer hanya bisa dijalankan sesuai urutan pemerintah yang dilakukan manusia.
Untuk semakin memahami pengertian algoritma, teman-teman bisa menyimak contoh soal dan pembahasan berikut ini.
Contoh soal dan pembahasan ini bisa mempermudah teman-teman mengetahui algoritma dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, simak penjelasannya.
1. Apakah kamu pernah melakukan gerakan kayang? Coba buat algoritma untuk melakukan gerak kayang.
Jawaban:
Judul: Algoritma melakukan gerak kayang.
Kamus: Pakaian olahraga dan matras.
Isi algoritma:
- Posisi tubuh terlentang di atas matras dan menekuk kedua lengan ke dekat telinga, serta menekuk kedua kaki hingga lutut terangkat.
- Setelah itu, angkatlah tubuh dengan dibantu kedua lengan dan kedua kaki.
- Setelahnya bentuklah posisi kayang dengan sempurna, yaitu kedua lengan dan kaki menopang tubuh dengan kuat.
2. Apakah kamu pernah bermain lompat tali? Coba buat algoritma untuk permainan tersebut.
Jawaban:
Baca Juga: Manfaat Persatuan dan Kesatuan dalam Mengelola Sumber Daya Alam, Cari Jawaban Kelas 5 Tema 5
Judul: Bermain lompat tali.
Kamus: Tali, dua orang yang merentangkan tali, dan satu orang yang akan melompati tali.
Isi algoritma:
- Kedua orang berdiri dan saling berhadapan. Lalu, tangan mereka menggenggam tali dengan kuat.
- Setelah itu, satu orang lainnya berdiri di antara kedua orang tersebut.
- Terakhir, kedua orang tersebut memutar tali agar bisa dilompati oleh satu orang yang berdiri di depan tali.
3. Sebutkan bagian-bagian algoritma!
Jawaban: Agar algoritma semakin mudah dipahami dan dibaca, penulisan algoritma dibagi menjadi tiga bagian, yaitu judul, kamus, dan isi algoritma.
4. Bagaimana algoritma menggosok gigi?
Jawaban:
Judul: Menggosok gigi.
Kamus: Sikat gigi, pasta gigi, gelas, dan air.
Isi algoritma:
- Ambillah gelas yang berisi air untuk digunakan berkumur.
- Lalu, ambil sikat gigi dan oleskan pasta gigi di atas sikatnya.
- Setelah itu, masukkan ke dalam mulut dan mulai sikat gigi dengan benar dan menyeluruh.
- Jika sudah selesai, berkumurlah kembali dengan air yang ada di dalam gelas hingga bersih.
5. Apakah yang disebut dengan percabangan dalam algoritma
Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 3 SD Tema 6, Mengapa Matahari Disebut Sumber Energi Terbesar?
Jawaban: Percabangan dalam algoritma adalah langkah kedua, ketiga, dan seterusnya dalam isi algoritma.
Nantinya, setiap langkah juga bisa bercabang lagi. Misalnya, pada algoritma menggosok gigi.
Pada langkah kedua, ambil sikat gigi dan oleskan pasta gigi di atas sikatnya. Jika tidak ada sikat gigi, kita harus membelinya terlebih dahulu.
Contoh soal dan pembahasan ini bisa menjadi pemandu bagi orang tua dalam mendampingi anak selama belajar di rumah.
Sumber: Buku Siswa Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas 6 SD.
Tonton video ini, yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.