Cari Jawaban Materi TIK Kelas 6 SD, Apa Itu Bahasa Pemrograman Komputer?

By Thea Arnaiz, Jumat, 11 Februari 2022 | 08:00 WIB
Kunci jawaban materi TIK kelas 6 SD, apa itu bahasa pemrograman komputer. (Foto oleh Christina Morillo dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas 6 SD, tepatnya halaman 5, materinya adalah pengenalan pemrograman komputer.

Sebelumnya teman-teman sudah mengetahui apa itu algoritma, yaitu langkah-langkah perintah yang harus dilakukan oleh komputer.

Tanpa adanya urutan perintah-perintah itu komputer tidak bisa bekerja seperti yang teman-teman harapkan.

Oleh karena itu, perintah-perintah tersebut harus kita sampaikan pada komputer, tentunya dengan menggunakan bahasa komputer.

Istilah bahasa komputer ini sering disebut pemrograman komputer dan hanya bisa dilakukan oleh seorang programmer.

Oleh karena itu, untuk memahami lebih lanjut mengenai pemrograman komputer, teman-teman bisa menyimak teks informasi berikut ini.

Setelah itu, kita bisa mengerjakan pertanyaannya dan menemukan kunci jawabannya. 

Pemrograman Komputer 

Pernahkah kamu bermain game atau permainan di komputer? Pernahkah kamu melihat animasi di komputer? Itu semua adalah contoh program yang ada dalam komputer. 

Baca Juga: Contoh Soal dan Pemabahasan Materi tentang Perubahan Energi dan Prosesnya

Bagaimana membuat game di komputer? Bagaimana membuat animasi di komputer? Game dan animasi di komputer dibuat menggunakan pemrograman komputer. Untuk membuat program komputer, kita dapat menggunakan bahasa pemrograman. 

Seorang pemrograman “berbicara” dengan komputer menggunakan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman ini harus dituliskan oleh programmer dalam sebuah kode. Bahasa pemrograman dapat dipahami oleh komputer. Komputer tidak dapat memahami bahasa kita sehari-hari.