Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 9, Bagaimana Penjelasan dari Cerita Fiksi ‘Membangun Kincir Air Bersama’?

By Thea Arnaiz, Selasa, 15 Februari 2022 | 17:15 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD tema 9, bagaimana penjelasan dari cerita fiksi ‘Membangun Kincir Air Bersama’. (Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD tema 9, subtema 3, tepatnya halaman 216, teman-teman akan mempelajari materi gotong royong, mengerjakan soalnya, dan menemukan kunci jawabannya.

Tapi sebelum itu, teman-teman bisa memahami materinya secara singkat terlebih dahulu.

Pernahkah teman-teman melakukan gotong royong? Biasanya, pada hari-hari tertentu semua warga di sekolah melakukan gotong royong untuk membersihkan kelas dan lingkungan di sekitar sekolah.

Pengertian gotong royong sendiri adalah kegiatan yang dilakukan bersama-sama, agar suatu pekerjaan lebih cepat selesai, ringan, dan mudah.

Gotong royong adalah kepribadian bangsa Indonesia dan sudah ditegaskan dalam Pancasila, yaitu sila ke tiga yang berbunyi Persatuan Indonesia.

Karena, dengan bergotong royong kita bisa bersatu untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut tentang makna gotong royong.

Teman-teman bisa membaca cerita fiksi berikut ini. Yuk, baca dengan saksama! 

Membangun Kincir Air Bersama 

Oleh Faris Al Faisal 

Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan Materi Perkembangbiakan pada Tumbuhan

Pagi ini Ridwan dan ayahnya bersiap mengikuti gotong-royong yang diadakan oleh Kelompok Tani di desa Manggungsari, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Mereka akan membangun kincir air sederhana di Sungai Citanduy. 

“Ayah, untuk apa dibangun kincir air?” tanya Ridwan.