Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Menjelajah Angkasa Luar, Bagaimana Sifat Tokoh Utama pada Teks Fiksi ‘Melihat Tata Surya Lebih Dekat’

By Thea Arnaiz, Rabu, 16 Februari 2022 | 09:30 WIB
Bagaimana sifat tokoh utama pada teks fiksi ‘Melihat Tata Surya Lebih Dekat’ (Foto oleh Thirdman dari Pexels)

 

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD tema menjelajah luar angkasa, subtema 1, tepatnya halaman 5, teman-teman akan mempelajari materi tentang mengindentifikasi tokoh utama dalam teks fiksi.

Sebelum kita mengerjakan soal dan menemukan kunci jawabannya, teman-teman bisa memahami materinya secara singkat terlebih dahulu.

Selain ada teks nonfiksi, yaitu karya tulis yang berdasarkan fakta atau kebenaran.

Kita juga akan menemui teks fiksi yang berisi cerita rekaan atau karangan, contohnya novel, cerpen, fabel, dan dongeng.

Ketika membuat teks fiksi, pengarang akan memasukkan tokoh, tema, alur, latar, konflik, dan amanat.

Tokoh di dalam cerita fiksi dibagi menjadi dua, tokoh utama dan tokoh tambahan. Tokoh utama adalah tokoh yang memegang peran penting dalam suatu cerita.

Sedangkan, tokoh tambahan adalah tokoh yang melengkapi cerita. Kita dapat menentukan tokoh utama dengan cara membaca secara keseluruhan teks atau mengamati dialog yang ada pada teks.

Oleh karena itu, kita bisa mempelajari tentang tokoh utama dan tokoh tambahan dengan membaca teks fiksi berikut ini. Yuk, baca secara saksama! 

Melihat Tata Surya Lebih Dekat 

Baca Juga: Cara Menghemat Bahan Bakar Minyak atau BBM, Materi Kelas 3 SD Tema 6

Nina dan teman-temannya mengunjungi Planetarium Jakarta. Mereka mengunjungi planetarium didampingi oleh guru. Sesampainya di planetarium, banyak sekali siswa dari sekolah lain sedang antre membeli tiket. Mereka pun ikut antre. 

“Wah, ramai sekali yan di sini,” kata Lani kepa Nina.