Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Menjelajah Angkasa Luar, Apakah dalam Teks Fiksi Harus Selalu Ada Tokoh Utama?

By Thea Arnaiz, Rabu, 16 Februari 2022 | 10:30 WIB
Apakah di dalam teks fiksi harus ada tokoh utama. (Foto oleh Thirdman dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD tema menjelajah luar angkasa, subtema 1, tepatnya halaman 6, teman-teman akan mempelajari materi tentang keteraturan yang menakjubkan.

Sebelum kita mengerjakan soal dan menemukan kunci jawabannya, teman-teman bisa memahami materinya secara singkat terlebih dahulu.

Dalam materi ini kita akan mempelajari dua materi, yaitu menjelaskan galaksi dan sistem tata surya, serta mengidentifikasi tokoh utama dalam teks fiksi.

Tahukah teman-teman Bumi itu ada di bagian galaksi mana? Galaksi sendiri adalah tempat berkumpulnya benda-benda langit dan kita tinggal di galaksi yang bernama Galaksi Bimasakti (Milky Way).

Di dalam Galaksi Bima sakti ada beberapa sistem tata surya, salah satunya adalah Matahari dan planet-planet yang mengitarinya.

Sedangkan, pada materi mengidentifikasi tokoh utama dalam teks fiksi, teman-teman pasti pernah membaca teks fiksi, bukan?

Ketika membacanya dengan runtut dan hati-hati kita akan menemukan beberapa tokoh yang membangun alur cerita fiksi.

Tokoh pun dibagi menjadi dua, yaitu tokoh utama dan tokoh tambahan. Untuk mengetahui mana tokoh utama dan mana tokoh tambahan, kita harus membaca keseluruhan cerita.

Berikut ini beberapa soal latihan yang bisa kita kerjakan untuk memperdalam materi ini. 

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Menjelajah Luar Angkasa, Bagaimana Sifat Tokoh Utama pada Teks Fiksi ‘Melihat Tata Surya Lebih Dekat’

1. Apa yang kamu ketahui tentang galaksi dan tata surya? Jelaskan pendapatmu! 

Jawaban: