BERITA POPULER: Pembagian STB Gratis hingga Cumi-Cumi Bisa Rasakan Cahaya dengan Kulitnya

By Iveta Rahmalia, Jumat, 18 Februari 2022 | 09:34 WIB
Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menghentikan siaran televisi analog dan berganti ke siaran televisi digital pada 2 November 2022. (pixabay)

Bobo.id - Ada berita populer apa saja di Bobo.id tanggal 17 Februari 2022 ini? Yuk, cari tahu! 

Mulai dari Kominfo yang membagikan Set Top Box (STB) gratis, hingga pengetahuan tentang cumi-cumi yang bisa merasakan cahaya dengan kulitnya. 

1. Kominfo akan Bagikan 3,2 Juta Unit STB Gratis untuk Masyarakat, Apa Itu STB?

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menghentikan siaran televisi analog dan berganti ke siaran televisi digital pada 2 November 2022. 

Menyikapi hal tersebut, pemerintah berencana membagikan STB gratis kepada masyarakat.

Apa itu STB?

Set Top Box (STB) merupakan alat yang bisa digunakan untuk membuat TV analog bisa mendapatkan siaran TV digital.

Jadi, pemilik tv analog tidak akan bisa menangkap siara TV digital apabila tidak menggunakan perangkat tambahan set top box (STB). 

Dilansir dari Kompas.com (19/1/2022), Menteri Kominfo, Johnny G. Plate mengklaim ada 3.203.854 unit STB gratis yang siap dibagikan ke masyarakat, jelang analog switch off (ASO) tahap I.

Baca Juga: BERITA POPULER: Barang yang Tak Boleh Disimpan di Bawah Wastafel Cuci Piring Hingga Cara Unik Hewan Melindungi Diri dari Predator

Adapun ASO tahap I sendiri dijadwalkan dimulai pada 30 April mendatang.

Sementara untuk tahap II dan III, Menkominfo menargetkan akan rampung paling lambat dua bulan sebelum program dilaksanakan.