Mengapa Pergeseran Nilai Sosial Budaya Memengaruhi Profesi atau Mata Pencaharian dan Kedudukan Masyarakat?

By Iveta Rahmalia, Sabtu, 19 Februari 2022 | 08:11 WIB
Pergeseran nilai sosial budaya memengaruhi profesi atau mata pencaharian, maupun kedudukan seseorang dalam masyarakat. (pch.vector/freepik)

Bobo.id - Pergeseran nilai sosial budaya memengaruhi profesi atau mata pencaharian, maupun kedudukan seseorang dalam masyarakat.

Mengapa begitu?

Sebelum cari tahu kunci jawabannya, kita cari tahu dulu apa itu nilai sosial, nilai budaya, dan pergeseran nilai sosial budaya.

Secara umum, nilai adalah sifat atau hal-hal yang penting atau berguna bagi kemanusiaan. Nilai juga merupakan hal yang menyempurnakan manusia dalam bermasyarakat.

Nilai Sosial

Nilai sosial adalah sesuatu yang dianggap baik dan buruk di dalam masyarakat. Nilai biasanya diberikan oleh masyarakat terhadap sesuatu yang dianggap baik dan pantas.

Contohnya, kegiatan kerja bakti di lingkungan rumah dianggap baik, maka kegiatan itu diterima sebagai sesuatu yang bernilai.

Fungsi nilai dalam masyarakat yaitu mengarahkan masyarakat untuk bertingkah laku sesuai nilai-nilai yang telah disepakati.

Selain itu, nilai juga berfungsi sebagai ukuran agar kita selalu berbuat baik.

Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan Materi Penerapan dan Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila

Nilai Budaya

Nilai budaya adalah nilai kehidupan yang berkaitan dengan tradisi atau kebiasaan suatu masyarakat dan dijadikan acuan dalam kehidupannya.