Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Menjelajah Angkasa Luar, Apa yang Melandasi Bangsa Indonesia untuk Bersatu Melawan Bangsa Asing?

By Thea Arnaiz, Rabu, 23 Februari 2022 | 17:15 WIB
(Foto oleh Pragyan Bezbaruah dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD tema menjelajah angkasa luar, subtema 1, pembelajaran 4, tepatnya halaman 28.

Teman-teman akan mempelajari materi tentang menjelaskan makna persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Jika sebelumnya kita mempelajari materi tentang makna persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat, sekarang kita juga harus bersatu dalam kehidupan bernegara.

Persatuan dan kesatuan ini dapat dicapai jika kita sebagai warga negara bisa saling menghormati dan menghargai.

Oleh karena itu, sebelum mengerjakan soal yang berkaitan dengan materi dan menemukan kunci jawabannya.

Teman-teman bisa membaca teks berikut ini. Yuk, baca dengan saksama. 

Persatuan dan Kesatuan dalam Sejarah Indonesia 

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari beribu-ribu pulau. Setiap pulau memiliki adat-istiadat masing-masing. Hal itu menyebabkan masyarakat Indonesia pada zaman dulu hidup secara berkelompok yang dibatasi oleh pulau-pulau. Sebelum bangsa Eropa datang ke Nusantara, wilayah Indonesia terbagi menjadi beberapa wilayah kerajaan. Saat bangsa Eropa datang, tujuan utama mereka yang pada awalnya hanya ingin melakukan jual beli rempah-rempah berubah menjadi keinginan untuk menguasai wilayah Indonesia. Kekayaan rempah-rempah yang dimiliki oleh bangsa Indonesia membuat bangsa Eropa melupakan tujuan awalnya. 

Sikap kesewenang-wenangan yang ditunjukkan oleh bangsa asing mendatangkan kesengsaraan bagi rakyat Indonesia. Sikap bangsa asing tersebut akhirnya menimbulkan perlawanan dari bangsa Indonesia. Namun, perlawanan bangsa Indonesia mudah ditumpas oleh bangsa asing. Kurangnya rasa persatuan dan kesatuan sebagai sebuah bangsa serta perlawanan yang bersifat kedaerahan menjadi penyebab gagalnya perlawanan bangsa Indonesia. 

Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan Materi Variasi dan Kombinasi Gerak Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif Permainan Bola Besar

Lambat laun, rakyat Indonesia menyadari perlawanan bersifat kedaerahan tidak mampu membawa Indonesia merdeka. Perasaan senasib dan kesamaan penderitaan menjadi landasan bangsa Indonesia untuk bersatu. Bangsa Indonesia menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan dalam perjuangan untuk mengusir bangsa asing. Semangat persatuan dan kesatuan kemudian melandasi lahirnya berbagai perjuangan yang bersifat nasionalis. Salah satunya adalah Sumpah Pemuda. Pada Kongres Pemuda, seluruh pemuda dari beragam suku dan agama bersatu untuk berikrar menjadi bangsa yang satu, yaitu bangsa Indonesia. 

Kemerdekaan Indonesia merupakan hasil perjuangan para pahlawan dan seluruh rakyat Indonesia. Para pahlawan dan rakyat Indonesia bersatu meraih kemerdekaan. Persatuan dan kesatuan membuat bangsa Indonesia kuat sehingga perpecahan dapat dicegah. Keutuhan negara Indonesia merupakan tanggung jawab seluruh bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, pemerintah dan rakyat harus bersatu agar keutuhan negara Indonesia terjaga. Persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bernegara menciptakan kehidupan yang rukun dan damai. Jika kehidupan rukun dan damai, kesejahteraan rakyat dapat tercapai.