Contoh Soal dan Pembahasan tentang Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar pada Permainan Bola Kecil

By Thea Arnaiz, Kamis, 24 Februari 2022 | 07:30 WIB
Contoh soal dan pembahasan mengenai variasi dan kombinasi gerak dasar pada permainan bola kecil. (piqsels)

Bobo.id - Pada pembelajaran Semangat Berolahraga: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) kelas 6 SD, pelajaran 2, tepatnya halaman 40, materinya adalah variasi dan kombinasi gerak dasar pada permainan bola kecil.

Materi ini membahas dua permainan bola kecil, yaitu bola kasti dan bulu tangkis.

Untuk memainkan kedua permainan ini tentu teman-teman harus menguasai gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif pada setiap permainan.

Gerak-gerakan tersebut adalah gerak dasar yang harus kita variasikan dan kombinasikan agar berfungsi sebagai gerakan yang bisa mendukung jalannya permainan.

Beberapa jenis variasi dan kombinasi tersebut adalah, variasi gerak dasar lokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif, variasi gerak dasar manipulatif dengan kombinasi gerak dasar lokomotor, dan variasi gerak dasar lokomotor dengan kombinasi gerak dasar nonlokomotor.

Untuk itu, kita bisa menyimak contoh soal dan pembahasan berikut ini agar lebih memahami materinya. Yuk, simak berikut ini. 

1. Apa saja materi yang telah kamu pelajari pada pembelajaran variasi dan kombinasi gerak dasar pada permainan bola kecil? 

Jawaban: 

- Variasi gerak pukulan dengan kombinasi lari. 

Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan Materi Variasi dan Kombinasi Gerak Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif Permainan Bola Besar

- Variasi lari dengan kombinasi hindaran. 

- Variasi langkah kaki dengan kombinasi pukulan.