Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Menjelajah Angkasa Luar, Tuliskan Kelanjutan Cerita Fiksi ‘Memberikan Hak Bagi yang Memerlukan’ Sesuai Imajinasi

By Thea Arnaiz, Jumat, 25 Februari 2022 | 09:00 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI tema menjelajah angkasa luar, menuliskan kelanjutan ‘Memberikan Hak Bagi yang Memerlukan’. (Foto oleh Ron Lach dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD tema menjelajah angkasa luar, subtema 1, pembelajaran 5, tepatnya halaman 33, kita mempelajari materi tentang mengembangkan cerita berdasarkan imajinasi ke dalam sebuah paragraf.

Sebelum mengerjakan soal dan menemukan kunci jawabannya, kita bisa memahami materinya secara singkat terlebih dahulu.

Dalam teks fiksi, ketika membacanya kita akan menemukan unsur-unsur yang membangun sebuah cerita di dalamnya, seperti tema, tokoh, alur, dan latar.

Lalu, kita juga bisa mengembangkan sebuah cerita dari cerita yang sudah ada.

Namun, sebelum mengembangkan sebuah cerita, kita harus memahami isi cerita tersebut terlebih dahulu.

Oleh karena itu, agar lebih memahami materi tersebut, bacalah teks fiksi berikut ini. 

Bacalah dengan saksama!

Memberikan Hak Bagi yang Memerlukan  

Jarak rumah Made cukup jauh dari sekolah. Setiap hari, Made naik kendaraan umum untuk sampai ke sekolah. Pagi itu, Made berangkat ke sekolah setelah sarapan dan pamit kepada ibu. Setelah naik bus, ia bersyukur karena mendapat tempat duduk. Tak lama, ada seorang nenek yang naik sambil membawa keranjang belanjaan. Nenek itu kebingungan karena tidak ada lagi tempat duduk yang kosong. Made yang mengetahui hal tersebut langsung berdiri dan menawarkan kursinya. 

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Materi Bahasa Inggris 'Weather and Seasons'

“Nenek bisa duduk di tempat saya. Siakan, Nek,” ujar Made. 

Nenek itu pun duduk. Ia tersenyum sambil mengucapkan terima kasih.