Ternyata Darah Kita Mengalir dengan Jarak 19.000 Kilometer per Hari! Ini Fakta Menariknya

By Grace Eirin, Sabtu, 26 Februari 2022 | 19:00 WIB
Fakta-fakta menarik tentang darah manusia. (freepik)

Bobo.id - Darah adalah salah satu bagian penting dari tubuh yang harus mengalir selama 24 jam sehari, dan 7 hari dalam seminggu. 

Artinya, selama manusia hidup, darah harus tetap mengaliri seluruh tubuh untuk mengantarkan sari-sari makanan dan oksigen. 

Darah terdiri dari beberapa komponen. Antara lain, 55 persen plasma darah, atau cairan berwarna kuning-putih. Kemudian sel darah merah sebanyak 41 persen, dan 4 persen sel darah putih.

Selain mengantarkan oksigen, air, dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh, darah juga membantu kita membuang racun dari dalam tubuh. 

Nah, supaya kita semakin mengenal fungsi-fungsi darah dan apa yang ada di dalamnya, mari simak fakta menarik darah berikut ini. 

Perjalanan Darah dalam Tubuh Manusia

Teman-teman, tahukah kamu? Ternyata setiap mengalir dalam sistem peredaran darah, darah bisa menempuh jarak 19.000 kilometer per hari, lo!

Jika dibandingkan dengan jarak perjalanan di dunia, 19.000 kilometer sebanding dengan perjalanan dari timur ke barat menyeberangi bagian terluas Samudra Pasifik. 

Sementara itu, jantung yang berfungsi memompa darah agar bisa mengalir ternyata memberikan laju darah sebesar 1,6 kilometer per jam.

Baca Juga: Semua Orang Tahu Darah Manusia Berwarna Merah, tapi Jarang Ada yang Tahu Kalau Ini Alasannya 

Di pembuluh darah yang berukuran kecil, darah bergerak dengan laju 109 sentimeter per jam. 

Selain itu, jika semua pembuluh darah pada tubuh manusia dewasa dihubungkan, maka akan sepanjang 160.000 kilometer!