Bencana Non Alam, Lengkap dengan Pengertian dan Contohnya

By Thea Arnaiz, Senin, 28 Februari 2022 | 19:30 WIB
Bencana non alam, salah satunya adalah banjir yang menyebabkan kerugian pada manusia. (Foto oleh Denniz Futalan dari Pexels)

Bobo.id - Bencana non alam bisa saja menimpa berbagai wilayah di berbagai negara.

Apalagi, wilayah Indonesia jika dilihat dari kondisi geografis (posisi negara), geologis (kondisi bumi), hidrologis (distribusi air), dan demografis (kependudukan) termasuk wilayah yang rentan terkena bencana.

Pengertian bencana sendiri adalah peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan manusia yang mendiami suatu wilayah.

Bencana bisa disebabkan karena faktor alam, non alam, ataupun manusia.

Sehingga, dari bencana itu muncullah kerugian bagi manusia, lingkungan, dan psikologis, yang menghambat pembangunan nasional.

Lalu, apa yang dimaksud dengan bencana non alam? Untuk mengetahuinya, teman-teman bisa menyimak penjelasannya berikut ini. 

Pengertian Bencana Non Alam 

Bencana non alam adalah serangkaian peristiwa yang bukan berasal dari alam. Bencana non alam ini bisa disebabkan konflik sosial antarkelompok, masyarakat, ataupun aksi teror.

Hasilnya, bencana ini berupa gagalnya memajukan teknologi, gagalnya melakukan modernisasi, ataupun wabah penyakit yang bisa menjadi pandemi dan endemi.

Baca Juga: Benarkah Hewan Bisa Memprediksi Gempa Bumi Sebelum Terjadi? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Lalu, apa saja contoh bencana non alam yang sudah pernah terjadi dalam kehidupan manusia? 

Contoh Bencana Non Alam yang Dialami