Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Menjelajah Angkasa Luar, Bagaimana Alur Berurutan Teks Fiksi ‘Berkunjung ke Observatorium’?

By Thea Arnaiz, Rabu, 2 Maret 2022 | 09:00 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI tema menjelajah angkasa luar, bagaimana alur berurutan teks fiksi ‘Berkunjung ke Observatorium’. (Foto oleh Ron Lach dari Pexels)

 

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema menjelajah angkasa luar, subtema 2, pembelajaran 2, tepatnya halaman 55, materinya adalah menjelaskan alur cerita dalam teks fiksi.

Sebelum mengerjakan soal dan menemukan kunci jawabannya, teman-teman bisa memahami materinya secara singkat terlebih dahulu.

Seperti yang kita ketahui, kalau salah satu unsur cerita fiksi ada yang namanya alur. Alur atau jalan cerita adalah rangkaian peristiwa yang membuat suatu cerita fiksi jadi lebih menarik.

Alur cerita sendiri dibedakan menjadi, alur maju, alur mundur, dan alur campuran. Berikut ini penjelasan dari ketiganya. 

- Alur maju adalah alur yang berurutan dari bagian perkenalan hingga bagian akhir. 

- Alur mundur adalah alur yang urutannya dari bagian klimaks atau akhir menuju ke bagian awal, seperti menceritakan kembali. 

- Alur campuran adalah gabungan dari alur maju dan alur mundur. 

Untuk mengetahui alur cerita lebih jelas, teman-teman bisa membaca cerita fiksi di bawah ini, yuk!

Berkunjung ke Observatorium 

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 3 SD Tema 6, Apa Manfaat Energi Bagi Tubuh?

Keluarga Toni berkunjung ke tempat peneropongan bintang di Bandung. Toni sangat senang belajar mengenai Tata Surya dan keindahan planet-planet. Ayah mengajak Toni berlibur ke tempat yang ia sukai.