Kemendikbud Sebut 3 Permainan Tradisional Ini Bisa Membentuk Karakter Pelajar, Apa Saja?

By Niken Bestari, Jumat, 4 Maret 2022 | 14:00 WIB
Tiga permainan tradisional yang bisa membentuk karakter baik pelajar. (Pixabay)

Bobo.id - Keragaman budaya di Indonesia sangat bermacam-macam. Salah satu bentuk warisan budaya adalah permainan tradisional yang dimiliki setiap daerah di Indonesia.

Bahkan, saking banyaknya budaya di Indonesia, jumlah permainan tradisional di Indonesia ini bisa mencapai ratusan, lo, teman-teman.

Dilaporkan dari data statistik kebudayaan pada 2017, diperkirakan ada 785 jenis permainan tradisional di Indonesia. Banyak sekali, bukan?

Namun sayangnya, di era teknologi dan informasi seperti saat ini, permainan tradisional mulai tergantikan dengan permainan di perangkat elektronik.

Padahal, permainan tradisional memiliki banyak manfaat positif bagi kita, lo.

Manfaat yang didapat antara lain adalah membuat tubuh sehat karena banyak bergerak, mengembangkan potensi diri melalui kegiatan olah pikir, olah rasa, dan olah raga.

Selain itu, permainan tradisional juga mengandung nilai karakter yang baik, seperti nilai religiusitas (keyakinan), nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan nilai kejujuran. Permainan tradisional ini berguna untuk membentuk karakter pelajar yang baik.

Menurut Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, pada Jumat 4 Maret 2022, berikut ini ada 3 permainan tradisional yang dapat membentuk karakter pelajar. Apakah teman-teman pernah memainkannya?

1. Gobak Sodor

Baca Juga: Jadi Mainan Tradisional di Banyak Negara, Ini Sejarah Yoyo Permainan yang Mendunia

Gobak Sodor merupakan salah satu permainan tradisional dari Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Saat ini, permainan tradisional gobak sodor sudah jarang sekali ditemukan dalam kehidupan sehari-hari khususnya di kalangan anak-anak.