Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Menjelajah Angkasa Luar, Apa Saja Sikap yang Boleh dan Tidak Boleh dalam Musyawarah?

By Thea Arnaiz, Selasa, 8 Maret 2022 | 10:30 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI tema menjelajah angkasa luar, apa saja sikap yang boleh dan tidak boleh dalam musyawarah. (Foto oleh Max Fischer dari Pexels)

 

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema menjelajah angkasa luar, subtema 2, pembelajaran 4, tepatnya halaman 71, materinya adalah musyawarah sebagai bentuk persatuan dan kesatuan.

Sebelum mengerjakan soal dan menemukan kunci jawabannya, kita bisa memahami materinya secara singkat terlebih dahulu.

Mewujudkan sikap persatuan dan kesatuan bisa kita lakukan dengan bermusyawarah.

Pernahkah teman-teman melakukan kegiatan musyawarah? Dengan musyawarah kita bisa berdiskusi untuk mencapai tujuan bersama.

Musyawarah mengajarkan kita untuk mengutamakan musyawarah mufakat dalam setiap pengambilan keputusan.

Selain itu, musyawarah juga jadi salah satu nilai luhur dari sila keempat Pancasila, yaitu “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan”.

Ketika bermusyawarah dan terjadi perbedaan pendapat, kita perlu membicarakannya bersama agar memperoleh jalan tengahnya.

Hasil musyawarah harus disetujui oleh semua pihak yang terlibat, yang berarti kepentingan bersama perlu didahulukan daripada kepentingan pribadi.

Contoh dari musyawarah yang pernah teman-teman lakukan adalah ketika kita memilih ketua kelas, awalnya kita akan memilih kandidat atau siapa saja yang akan dipilih jadi ketua kelas.

Baca Juga: Aturan Penempatan Huruf Kapital pada Kalimat, Materi Bahasa Indonesia Kelas 3 SD

Lalu, kita akan melakukan pungutan suara untuk memilih satu orang yang akan jadi ketua kelasnya.

Suara terbanyak yang berhasil dikumpulkan oleh seorang kandidat, tentu membuatnya jadi ketua kelas.