Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Menjelajah Angkasa Luar, Bagaimana Caranya Mengurangi Ketergantungan terhadap Listrik?

By Thea Arnaiz, Rabu, 9 Maret 2022 | 09:30 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI tema menjelajah angkasa luar, bagaimana caranya mengurangi ketergantungan terhadap listrik. (Foto oleh Max Fischer dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema menjelajah angkasa luar, subtema 2, pembelajaran 4, tepatnya halaman 72, materinya adalah menjelaskan dampak positif dan negatif modernisasi terhadap kehidupan manusia, serta musyawarah sebagai bentuk persatuan dan kesatuan.

Sebelum mengerjakan soal dan menemukan kunci jawabannya, kita bisa memahami materinya secara singkat terlebih dahulu.

Materi pertama, yaitu dampak positif dan negatif dari modernisasi pasti kita rasakan.

Meskipun, modernisasi semakin memudahkan dan menguntungkan kehidupan manusia, tetapi modernisasi juga bisa membawa dampak negatif.

Dampak negatif itu tidak disadari oleh manusia, salah satunya seperti ketergantungan akan kebutuhan listrik.

Sedangkan, materi kedua yaitu musyawarah sebagai bentuk persatuan dan kesatuan.

Musyawarah dilakukan untuk mengambil keputusan yang disepakati bersama. Kepentingan bersama lebih diutamakan daripada kepentingan pribadi.

Oleh karena itu, ketika bermusyawarah kita harus menghormati pendapat orang lain, bersikap sopan, dan tidak memotong pembicaraan orang lain.

Untuk memahami lebih lanjut tentang kedua materi di atas, simak latihan soal beserta pembahasannya di halaman selanjutnya, yuk!

Baca Juga: Hak dan Kewajiban yang Berhubungan dengan Penggunaan Energi, Materi Kelas 3 SD Tema 6

1. Tuliskan dampak positif dan negatif dari adanya modernisasi dalam kehidupan manusia! 

Jawaban: