Ketika Hewan Hibernasi, Apakah Mereka Juga Merasa Kedinginan?

By Grace Eirin, Sabtu, 12 Maret 2022 | 16:00 WIB
Bagaimana cara hewan berhibernasi? (Josephina Kolpachnikof/Unsplash)

Bobo.id - Hibernasi adalah salah satu bentuk adaptasi tingkah laku yang dilakukan hewan mamalia di musim dingin. 

Adaptasi tingkah laku pada hewan merupakan bentuk perubahan tingkah laku untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan dan menjaga kelangsungan hidupnya. 

Pada saat musim dingin, hewan memiliki kesulitan untuk bertahan hidup karena suhu lingkungan yang rendah.

Beberapa hewan masih bisa mencari makan, namun beberapa yang lain mempertahankan hidup dengan tidur selama musim dingin berlangsung. 

Tujuan hewan melakukan hibernasi adalah untuk menghemat energi, menghindari kekurangan makanan, dan menghindari cuaca yang terlalu dingin. 

Namun, yang banyak menjadi pertanyaan banyak orang adalah, apakah hewan yang melakukan hibernasi juga merasa kedinginan saat musim dingin?

Penelitian para Ilmuwan

Pertanyaan di atas bisa jadi merupakan pertanyaan sederhana, namun para ilmuwan juga penasaran, bagaimana beruang, kelelawar, ular, tupai, dan hewan lain bisa melewati musim dingin dengan tidur, namun tidak kedinginan? 

Elena Gracheva, seorang ahli neurofisiologi dari University School of Medicine menyatakan bahwa ketika manusia kedinginan, maka neuron tetap menyala dan bekerja seperti biasa. 

Baca Juga: Ada Tulang yang Besarnya Seukuran Tubuh Semut di Dalam Telinga! Ini Fakta Unik Telinga Manusia

Namun, ketika meneliti seekor tupai tanah dan hamster Suriah, aktivitas neuronnya justru lebih sedikit. 

Diketahui, di beberapa area sistem saraf pusat hewan-hewan yang melakukan hibernasi, sedang memproses informasi tentang dingin.